Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 02 02 Malam keakraban Lapas Salemba dan Narkotika 9Jakarta.kemenkumham.go.id - Malam Keakraban di gelar di Rumah Tahanan Negara Kelas I Jakarta Pusat dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.a Narkotika Jakarta, satu hari sebelum dilaksanakannya upacara penutupan masa orientasi dan pembekalan yang diberkan kepada para Cpns Penjaga Tahanan yang akan di tempatkan di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara. 

Rumah Tahanan Negara Kelas I Jakarta Pusat

Dari jalan percetakan negara salemba-Jakarta Pusat di Gelar Malam keakraban Cpns Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta yang berformasi penjaga tahanan. Dalam pantauan kami Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Bambang Sumardiono bersama dengan Kepala Divisi Administrasi Kanwil DKI Jakarta Nuni Suryani tampak menghadiri kegiatan malam keakraban di Rutan Kelas I Jakarta Pusat yang didampingi oleh Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas I Jakarta Pusat Masjuno dan Kepala KPR Soeistanto Pudji Djatmiko. 

Dalam sambutannya Kakanwil DKI Jakarta menyampaikan bahwa dengan dilaksanakan orientasi dan pembekalan ini diharapkan akan terjadi transformasi pengetahuan dan keterampilan diikuti pula oleh perubahan nilai-nilai etika yang secara sistematis dapat mengarah kepada hal-hal yang Positif. Dengan demikian diharapkan hasil kegiatan ini akan memberikan kontribusi nyata dalam wujud peningkatan profesionalisme para Cpns Penjaga Tahanan yang baru ini untuk memberikan warna dan pembaharuan baik bagi institusi Lembaga pemasyarakatan maupun Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

"Orientasi ini dilaksanakan agar para Cpns sekalian dapat dengan cepat menyesuaikan dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang akan saudara masuki" tegas Bambang Sumardiono Kakanwil DKI Jakarta.

2018 02 02 Malam keakraban Lapas Salemba dan Narkotika 1Kegiatan dalam waktu yang bersamaan ini kita membagi tugas diantaranya untuk Kepala Divisi Keimigrasian menghadiri kegiatan Upacara penutupan orientasi bagi analis keimigrasian di Kampus Akademi Imigrasi Tangerang-Banten, Kepala Divisi Pemasyarakatan berada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.a Narkotika Jakarta guna memonitor kegiatan malam keakraban yang juga digelar bersamaan dengan yang dilaksanakan di Rutan Jakarta Pusat ini namun memiliki konsep yang berbeda.

Tentunya saya sendiri bersama Kepala Divisi Administrasi Nuni Suryani menghadiri malam keakraban di sini, pesan saya "Jumlah Cpns yang mengikuti orientasi ini tidak berkurang saat nanti disumpah menjadi Pegawai Negeri Sipil karena adanya kesalahan yang disebabkan oleh banyak hal" tegas Kakanwil DKI Jakarta.

Selama bertugas kepada para Cpns yang baru ini diharapkan dapat menjalankan segala aturan yang berlaku. Tegas dikatakan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta agar para Cpns Penjaga Tahanan ini tidak melakukan Kegiatan yang mengarah pada suatu pelanggaran, penyalahgunaan narkoba, yang nantinya akan menghambat atau bahkan menggugurkan saudara sekalian, jangan rusak karir kalian serta citra Lembaga Pemasyarakatan dimata masyarakat.   

2018 02 02 Malam keakraban Lapas Salemba dan Narkotika 10 2018 02 02 Malam keakraban Lapas Salemba dan Narkotika 2

Hadir dalam acara malam keakraban tersebut mitra kerja Rumah Tahanan Negara Kelas I Jakarta Pusat yakni Bank Bank Jawa Barat yang dikenal dengan Bank BJB. Malam keakraban ini juga disuguhkan dengan berbagai atraksi para Cpns diantaranya Atraksi Baris-berbaris dan Lantunan ayat-ayat suci Al-Quran dibawah asuhan para instruktur, kegiatan malam keakraban ini bertempat di lapangan parkir Rumah Tahanan Negara Kelas I Jakarta Pusat, Jalan Percetakan Negara Salemba-Jakarta Pusat, Jum'at (2/2/2018).

2018 02 02 Malam keakraban Lapas Salemba dan Narkotika 12

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIa Narkotika Jakarta

2018 02 02 Malam keakraban Lapas Salemba dan Narkotika 4

Pantauan kami dari Lembaga Pemasyarakatan Narkotika yang berlokasi di Jalan Raya Bekasi Timur No.170 Cipinang Jakarta Timur tampak gelap area sekitar beranggang dan steril area, ini karena sedang dilaksanakannya proses Jurit malam Cpns penjaga tahanan sebelum malam keakraban digelar.

Jurit malam disini adalah perjalanan penjelajahan sekitar area beranggang dan steril area Lapas Narkotika Jakarta yang dilakukan di malam hari tanpa ada cahaya sedikitpun. Jurit malam ini tidak hanya membutuhkan fisik yang kuat, lebih dari itu mental juga sangat harus dipersiapkan, karena jurit malam disertai dengan pelatihan mental menghadapi kondisi atau kemungkinan yang ada. 

Kepala Divisi Pemasyarakatan Arpan bersama Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.a Narkotika Jakarta Asep Sutandar berada di posisi garis akhir kegiatan jurit malam ini. Keduanya langsung menanyakan pengalaman apa yang dirasakan saat mengikuti kegiatan tersebut.

2018 02 02 Malam keakraban Lapas Salemba dan Narkotika 3Mereka menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih fisik, mental, kedisiplinan dan memberikan pengetahuan tentang tugas-tugas yang akan dihadapi nantinya ketika telah terjun bertugas menjadi penjaga tahanan di satuan kerja masing-masing, menghadapi kondisi yang mengharuskan seorang penjaga tahanan dapat bertahan dan waspada terhadap segala kemungkinan yang ada "waspada jangan-jangan".    

Orientasi ini juga bertujuan untuk membentuk etika birokrasi dan transfer pengetahuan serta keterampilan yang diikuti oleh perubahan nilai-nilai etika secara sistematis yang mengarah kepada hal-hal yang Positif bagi cpns yang baru bergabung, sehingga diharapkan kedepannya dapat meningkatkan moril dalam berdinas serta menanamkan semangat untuk senantiasa menjaga nama baik diri sendiri maupun nama institusi.    

2018 02 02 Malam keakraban Lapas Salemba dan Narkotika 5 2018 02 02 Malam keakraban Lapas Salemba dan Narkotika 6

Foto: Kepala Divisi Pemasyarakatan Arpan, saat bertemu dengan peserta di garis akhir (kiri) dan memberikan briefing kepada peserta orientasi wanita di area branggang Lembaga Pemasyarakatan Kelas II.a Narkotika Jakarta, Jumat (2/2/2018).

"Saya harapkan dengan berbagai kegiatan yang telah diberikan selama orientasi dan pembekalan materi yang diberikan oleh para instruktur, Cpns penjaga tahanan ini bertambah semangat, penuh motivasi, integritas dan dedikasi yang tinggi di dalam menjalankan tugasnya nanti setelah berada di satuan kerja masing-masing"ucap Arpan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil DKI Jakarta.