Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2017 09 13 Bapas Jakpus 1

foto : Penyerahan kaos pelatihan secara simbolis yang disaksikan oleh Kepala Bapas Jakarta Pusat kepada Klien yang akan mengikuti Kegiatan Vokasional setir mobil yang diprakarsai oleh BNNP Provinsi DKI Jakarta.

2017 09 13 Bapas Jakpus 3Jakarta_Info, Kegiatan vokasional setir mobil bagi mantan Penyalahguna/Pecandu Narkoba ini di Prakarsai oleh BNNP Provinsi DKI Jakarta yang bekerjasama dengan Bapas Kelas I Jakarta Pusat. Kegiatan ini dimulai sejak hari Rabu tanggal 6-13 September 2017 yang telah difasilitasi oleh Pihak among raga selaku penyedia jasa kursus.

Acara ini di awali dengan pengarahan yang dibuka oleh Kepala Bapas Kelas I Jakarta Pusat. Bertempat di Aula Bapas Jakarta Pusat kegiatan ini diikuti oleh 30 klien Bapas Jakpus dan BNN.

Kegiatan ini bukan hanya ajang untuk mendapatkan surat izin mengemudi saja, tetapi juga didalamnya terdapat tanggungjawab klien untuk dapat menjadi pengemudi yang baik dan taat berlalulintas.

Acara yang berlangsung selama tujuh hari kedepan ini diisi oleh serangkaian praktek dan materi bagaimana menjadi pengemudi profesional dan dapat menghasilkan daya guna kedepannya.

Bangun Kemandirian Klien Bapas Kelas I Jakarta Pusat 

Dalam rangka pelaksanaan pembimbingan kemandirian klien pemasyarakatan, Bapas Jakarta Pusat menyelenggarakan kursus setir mobil gratis untuk para klien pasca rehabilitasi. "Penanganan narkoba merupakan tanggung jawab bersama oleh karena itu Pihak BNNP DKI Jakarta bekerjasama dengan Bapas Jakarta Pusat untuk menyelenggarakan vokasional pelatihan setir mobil ini" ucap Wahyuni Kabid Rehabilitasi, saat memberikan sambutan kepada para klien Bapas.

Sejalan dengan itu melalui vokasional kursus setir mobil yang dilaksanakan tanpa pungutan biaya apapun alias gratis diharapkan dapat memberikan klien bekal keterampilan untuk bekerja atau berwirausaha. Apalagi ditengah kompleksitas Ibukota sebagai pusat industri, jasa, perdagangan dan pendidikan, maka profesi pengemudi sangat dibutuhkan.

Kegiatan kursus setir mobil ini dilaksanakan mulai hari Rabu pada tanggal 6 September sampai dengan 13 September 2017. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menjadi bekal bagi mereka untuk bisa menangkap peluang ekonomi baru.

2017 09 13 Bapas Jakpus 2Pihak among raga selaku penyedia jasa kursus telah mempersiapkan sarana dan personelnya. Untuk kendaraan yang akan dipakai telah dipersiapkan mobil untuk kursus dan tenaga instruktur yang telah tersertifikasi.

Ponco salah satu Klien pemasyarakatan, mengapresiasi pelaksanaan pelatihan setir mobil gratis yang dilaksanakan oleh Bapas Jakarta Pusat. Ia berharap ke depan pelatihan keterampilan ini semakin diperbanyak dan semakin bervariasi. Hal ini penting agar klien yang membutuhkan keterampilan di wilayah Jakarta Pusat, khususnya mereka yang masih menganggur dapat lebih tersisir.

“Kami berharap kegiatan seperti ini semakin sering dilaksanakan sehingga potensi pendapatan dan peluang ekonomi semakin dapat ditangkap oleh teman-teman klien yang masih menganggur, Jangan sampai mereka yang menganggur terbebani stigma negatif kalangan tak produktif, namun mereka harus dimotivasi dan diberikan solusi untuk bisa maju dan berkarya,” Jelasnya.

"Kerjasama antara Bapas Jakpus dengan BNNP DKI Jakarta untuk pelatihan setir mobil ini sudah dirintis sejak tahun 2015, dan pada tahun ini mendapatkan kuota pelatihan terbanyak untuk 30 orang klien" tutur Ricky selaku Kepala Seksi BKD Bapas Jakarta Pusat yang bertindak sebagai koordinator kegiatan.

"Selain pelatihan setir mobil, para peserta juga nantinya akan mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) apabila para peserta dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik" pungkas Wahyuni Kepala Seksi Rehabilitasi.