Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 09 20 Kegiatan Bapas Penyuluhan 2

jakarta.kemenkumham.go.id - Kamis (20/9) Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Timur Utara yang berlokasi di Jalan Pembina I No.2 Cipinang Muara Jakarta Timur 13420 menggelar kegiatan penyuluhan Narkoba dan VCT bagi klien Bapas. Kegiatan tersebut dilaksanakan berkat kerjasama dengan Yayasan Karitas Sani Madani (Karisma) dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI).

Ida Rifdiah selaku Kepala Seksi Bimbingan Klien Dewasa yang juga ketua pelaksana kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta yang merupakan klien Bapas Jakarta Timur-Utara.

“Kegiatan ini diadakan dengan tujuan agar klien Bapas bisa mendapat bekal dan pengetahuan tentang narkoba dan bahayanya” ujar Ida.

Kegiatan Penyuluhan Narkoba tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Timur-Utara Nety Saraswaty. “Kegiatan ini semata-mata hanya untuk kebaikan kita semua karena tidak semua mengerti tentang apa itu narkoba dan bahayanya.

"Hari ini juga dilaksanakan tes urine, namun para klien tidak perlu khawatir karena tes ini hanya untuk kesehatan secara umum", ungkap Nety saat membuka kegiatan. Usai membuka kegiatan, Kepala Bapas Jakarta Timur Utara Nety Saraswaty menyematkan tanda peserta kepada para klien Bapas yang mengikuti kegiatan ini. 

2018 09 20 Kegiatan Bapas Penyuluhan 4 2018 09 20 Kegiatan Bapas Penyuluhan 1

Dalam kegiatan ini terdapat 2 (dua) sesi kegiatan, yakni Penyuluhan mengenai pengetahuan dasar tentang narkoba dan HIV kemudian dilanjutkan dengan Test dan konseling HIV. 

Penyuluhan mengenai pengetahuan dasar tentang narkoba disampaikan oleh Reza selaku perwakilan dari Yayasan Karisma, sedangkan penjelasan mengenai HIV dan penularannya oleh Marsel. “Dari VCT ini, bagi orang yang terdeteksi virus HIV AIDS akan diarahkan dan dibantu agar tidak menularkan ke orang lain dan dapat melanjutkan hidup dengan cara yang positif,” jelas Marsel perwakilan dari Yayasan Karisma.

Selain penyuluhan tentang narkoba, konseling dan VCT juga diberikan bagi para klien. VCT ini dilakukan oleh PKBI yang bertujuan agar mengetahui sedini mungkin status para klien Bapas Jakarta Timur-Utara apakah mereka bersih atau tidak dari virus HIV AIDS. Setelah diketahui statusnya maka akan ditindaklanjuti dan dapat ditentukan apa yang harus dilakukan.

Hasil VCT ini bersifat rahasia, yang dapat mengetahui hasil dari pemeriksaan tersebut adalah hanya klien yang diperiksa dan pihak PKBI yang memeriksa. Hasil tersebut akan ditindaklanjuti oleh pihak PKBI dengan persetujuan dari klien yang diperiksa.

2018 09 20 Kegiatan Bapas Penyuluhan 3

Foto bersama dengan Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Timur-Utara (20/9)