Bapas Jaktim Kunjungan Ke LPKA Tangerang

Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Timur Utara, Nety Saraswaty, Bc.IP,SH,M.Si mengajak 24 (dua puluh empat) orang Calon Pembimbing Kemasyarakatan dan beberapa orang pegawai Bapas Jakarta Timur Utara untuk berkunjung ke Lapas Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Tangerang, Jumat (15/02).

“Tujuan kami berkunjung ke LPKA Tangerang ini selain untuk bersilaturahmi tetapi agar para PNS Calon PK pada Bapas Jakarta Timur Utara dapat melihat seperti apa LPKA itu dan bagaimana pembinaan anak pidana di LPKA", ujar Nety.

Kunjungan tersebut disambut dengan baik oleh Plt. Kepala LPKA Tangerang, Ibu Darmalingganawati, Bc.IP, SH, MH, M.Si beserta jajarannya. ”Selamat datang di LPKA Tangerang. Walaupun LPKA ini merupakan bangunan cagar budaya yang telah ada sejak lama tetapi konseptual SPPA cukup dapat diaplikasikan di LKPA Tangerang", jelas Lingga saat memberikan sambutan.
Kunjungan para Calon Pembimbing Kemasyarakatan ke LPKA Tangerang juga terkait dengan tupoksi PK. Bahwa hubungan antara PK dengan LPKA sangat erat, dimana PK membuat penelitian kemasyarakatan bagi anak yang berhadapan dengan hukum untuk menentukan kedepannya anak tersebut akan diberikan pembinaan dan pendidikan seperti apa di LPKA.

LPKA Tangerang merupakan lembaga yang ramah anak dimana seluruh petugasnya bersikap ramah terhadap anak – anak yang dibinanya. Anak – anak di LPKA diberikan banyak pelatihan dalam berbagai bidang, mulai dari bidang kesenian, keagamaan, olahraga dan keterampilan lainnya. Berbagai keterampilan yang didapat di dalam LPKA diharapkan dapat diterapkan sampai anak tersebut keluar dari LPKA dan berbaur kembali dengan masyarakat.

Bapas Jaktim Kunjungan Ke LPKA Tangerang

 

Berita dan foto: Dewi Ratnawati, Bapas Kelas I Jakarta Timur Utara.