Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 09 06 Skrining 39 WBP Lapas Cipinang 1jakarta.kemenkumham.go.id - Skrining kesehatan adalah bentuk deteksi dini untuk mengetahui penyakit yang berpotensi menimbulkan biaya besar. Jenis skrining yang dilaksanakan disini di Lapas Kelas I Cipinang adalah skrining kesehatan jiwa. Skrining ini dilakukan untuk mendeteksi dini gangguan kejiwaan, yang menjadi fokusnya adalah Warga Binaan Pemasyarakatan Kelas I Cipinang.

Kurang lebih sebanyak tiga puluh sembilan Warga Binaan Pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang mengikuti kegiatan Skrining Kesehatan Jiwa ini. Kegiatan dilaksanakan di aula Gedung II Lapas Kelas I Cipinang, Rabu (5/9/2018).

Tim Psikolog Klinis Dari Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta yang dipimpin oleh Wiwien Noviyanti melakukan Skrining dengan di awali membagikan kuesioner yang diisi oleh para WBP untuk mengetahui gambaran kondisi jiwa mereka saat ini.

2018 09 06 Skrining 39 WBP Lapas Cipinang 4Selain menggelar kegiatan skrining, Tim Kesehatan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta juga memberikan fasilitas pelayanan kesehatan, para warga binaan dapat melakukan konsultasi pelayanan kesehatan secara umum berupa pemeriksaan fisik dan gigi dari Tim Dokter yang bertugas.

“Saya sangat senang mengikuti kegiatan skrining ini karna bisa sekaligus mengkonsultasikan tentang kesehatan” ungkap Alvin salah satu peserta kegiatan Skrining.

Warga binaan terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini hingga berakhir pada pukul 11.00Wib.

“Hasil skrining ini lebih lanjut akan dianalisa dan resumenya akan diserahkan kembali ke poliklinik Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang sebagai bahan tindak lanjut” ungkap Astrid Wulandari Psikolog Klinis saat dimintai keterangan disela-sela melakukan skrining di Aula lantai dua Gedung II Lapas Kelas I Cipinang (5/9).

Acara ini tampak dihadiri oleh Kepala Seksi Bimbingan Kemasyarakatan Kelas I Cipinang Sumaryo yang mengatakan, "Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mendeteksi sedini mungkin gangguan kejiwaan yang dialami Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas I Cipinang selama menjalani masa hukumannya".

"Harapannya kedepan Lapas Kelas I Cipinang dapat memberikan perhatian secara khusus untuk masalah kondisi kejiwaan yang dialami oleh warga binaannya"ungkapnya.

2018 09 06 Skrining 39 WBP Lapas Cipinang 3

Foto saat pelaksanaan Skrining Warga Binaan Pemasyarakatan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang, Rabu (5/9/2018).