Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

 lapsustik penjelasan kasubsi keamanan dalam sosialisasi kunjungan online dan Pasmart


Jakarta, LapsustikNews – Menjadi salah satu UPT (Unit Pelayanan Teknis) yang ditunjuk untuk melaksanakan layanan berbasis teknologi informasi (TI), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta menyiapkan pendaftaran kunjungan secara online dan Pasmart, demikian disampaikan oleh Kepala Lapas, Asep Sutandar, dalam pengarahan untuk menyatukan visi dan misi layanan kunjungan, Kamis (26/10).

"Sebanyak 111 UPT telah ditunjuk jadi UPT Pemasyarakatan pelayanan berbasis teknologi informasi oleh Dirjen Pemasyarakatan, salah satunya adalah Lapas Narkotika Jakarta. Walaupun sebelumnya kita juga telah melaksanakan layanan berbasis TI, seperti Pembebasan Bersyarat (PB) online, validasi data  Sistem Database Pemasyarakatan (SDP), integrasi sosial, remisi online, manajemen kunjungan, manajemen kamar, sistem pembinaan narapidana berbasis digital dan bebas peredaran uang. Maka kali ini kita akan buat terobosan berupa pendaftaran kunjungan online. Jika sebelumnya pengunjung harus mengambil nomer antrian secara manual, maka sekarang pengunjung bisa mendaftar kunjungan secara online dari rumah tanpa perlu antri. Nanti saat pengunjung datang tinggal dilakukan validasi,” demikian disampaikan oleh Kalapas Narkotika Jakarta.

Selain itu, layanan kunjungan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta akan segera terintegrasi dengan Pasmart, sebuah minimarket yang disediakan oleh Lapas Narkotika Jakarta,dimana nantinya semua barang yang dibutuhkan oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP) telah disediakan, sehingga pengunjung cukup memesan barang kebutuhan di Pasmart setelah mendaftar kunjungan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir penyelundupan barang terlarang, seperti narkoba, melalui barang kemasan dan mengurangi gangguan keamanan lapas. Selain itu, Pasmart akan membantu pengunjung untuk tidak perlu lagi repot membawa belanjaan dari rumah dan harganya pun bersaing dengan minimarket pada umumnya.

"Tujuan didirikannya Pasmart adalah untuk mengurangi resiko penyelundupan barang terlarang, maka kita perlu membatasi barang bawaan pengunjung. Nantinya yang diperbolehkan dibawa hanya makanan matang olahan rumah secukupnya, sedangkan barang kemasan kita sediakan di Pasmart, seperti rokok, sabun, sampo, sikat gigi dan lain-lain. Barang yang disediakanpun adalah barang yang tidak dilarang berada didalam lapas, sehingga juga mengurangi resiko gangguan keamanan. Selain itu nanti pengunjung tidak perlu lagi repot-repot bawa barang belanjaan dari rumah, setelah mendaftar bisa memesan belanjaan di Pasmart, bawa struk belanjanya ke dalam, serahkan pada warga binaannya, trus nanti tinggal ambil di kantin koperasi. Jadi barang-barang yang ada di Pasmart depan hanyalah display, nanti barang belanjaannya disediakan di kantin dalam lapas. Selain itu, Pasmart juga akan melayani pegawai dan masyarakat umum. Oleh karena itu, maka harga yang disediakan pun harus miring agar mampu bersaing, agar masyarakat dan pegawai mau belanja disana,” lanjut Asep Sutandar.

 

2017 10 26 lapsustik KUNJONLINE

Gambar: Alur kunjungan di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta, sumber: http://lapas-narkotikajkt.com/kunjungan-online-2/

 

Pendaftaran kunjungan online bisa diakses melalui http://www.lapas-narkotikajkt.com, kemudian pilih "kunjungan online" dan pilih "formulir kunjungan". Selanjutnya pengunjung diminta mengisi data yang tersedia diformulir pendaftaran. Setelah selesai, pengunjung akan mendapatkan kode booking yang harus divalidasi saat datang berkunjung. Barang-barang belanjaan di Pasmart juga bisa dipesan melalui online di website yang sama. Sehingga nantinya pengunjung tinggal membayar barang belanjaannya di Pasmart saat berkunjung. Layanan pendaftaran kunjungan online dan Pasmart ini mulai dibuka pada tanggal 30 Oktober 2017.

“Pendaftaran kunjungan online dan pemesanan barang di Pasmart mulai berlaku pada hari Senin, tanggal 30 Oktober 2017,” ucap koordinator layanan kunjungan sekaligus Kasubsie Keamanan Lapas Narkotika Jakarta, Pance Daniel, dalam penjelasannya.

 

Kontributor : Sadi (Humas Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta)