Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 11 26 LAPSUSTIK GEMPA LAGI 1Jakarta,Lapsustiknews - Menindaklanjuti sosialisasi Potensi Gempa Bumi Jakarta oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), seluruh pegawai dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta mengadakan simulasi penanganan gempa bumi, Jum’at (23/11). Kegiatan dimulai dengan penjelasan mengenai hal-hal yang harus dilakukan bila terjadi gempa. Selanjutnya simulasi dilaksanakan dimulai dimana saat pegawai yang sedang berada di ruang kerja dan WBP di dalam blok masing-masing tiba tiba terjadi gempa dan ada peringatan gempa dari petugas. Gugus Penyelamatan Gempa Lapas Narkotika Jakarta yang di ketuai oleh Kepala Seksi Pembinaan dan Anak Didik, Soeistanto, dan tim yang terdiri dari tim Captain Flooor, tim Hunian Sementara (Huntara), tim Dapur Umum, tim Quick assesment dan tim Medis segera melaksanakn tugasnya masing masing.

Kegiatan simulasi ini dilaksanakan dalam rangka meminimalisir jumlah korban apabila terjadi bencana gempa bumi di wilayah Jakarta, mengingat Jakarta merupakan salah satu wilayah yang rawan terjadi gempa bumi. Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, Asep Sutandar, dalam pengarahannya.

2018 11 26 LAPSUSTIK GEMPA LAGI 2 2018 11 26 LAPSUSTIK GEMPA LAGI 6

“Mengingat banyak kejadian gempa yang sering terjadi di Indonesia, termasuk di Jakarta ini kan bisa terjadi gempa. Oleh karena itu, kita perlu melaksanakan kegiatan simulasi penanganan gempa bumi. Kenapa? Karena kita ingin tidak ada korban atau paling tidak jumlah korban seminimal mungkin bila terjadi gempa. Baik bagi pegawai maupun bagi para warga binaan. Saya berharap gugus penyelamatan gempa dapat bekerja secepat dan sebaik mungkin sesuai tugas-tugasnya apabila hal tersebut terjadi”, ujar Asep Sutandar dalam sambutannya.

Kegiatan simulasi penanganan gempa bumi mendapat antusias yang sangat baik dari WBP dan petugas yang ikut kegiatan simulasi, dimana mereka bisa melaksanakan arahan dan petunjuk dari captain Floor saat simulasi.

“Positif sekali kegiatan ini, bisa menjadi bekal kita kalau terjadi gempa baik di kantor maupun di rumah”, ucap Abdul Rojak, salah satu staf Seksi Kegiatan Kerja Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

“Bagus pak, jadi saya tahu cara menyelamatkan diri kalau ada gempa. Tapi mudah-mudahan sih engga terjadi gempa”, ujar AM (20), WBP Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta yang divonis 4 tahun karena kasus narkoba.

2018 11 26 LAPSUSTIK GEMPA LAGI 3

2018 11 26 LAPSUSTIK GEMPA LAGI 5
2018 11 26 LAPSUSTIK GEMPA LAGI 7 2018 11 26 LAPSUSTIK GEMPA LAGI 4

 

 

Kontributor: Sadi

Dokumentasi: Tim Humas Lapsustikjkt