Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 12 07 LAPSUSTIK METADONE 1

Jakarta-LapsustikNews - Dalam rangka menjaga konsistensi peserta Program Terapi Rumatan Methadone (PTRM) untuk tidak menggunakan narkoba, petugas medis dan para medis Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta melaksanakan tes urine, Rabu (28/11). Kegiatan tes urine tersebut dilakukan 3 kali dalam setahun dengan waktu pelaksanaan dilakukan secara mendadak atau tanpa pemberitahuan. Demikian disampaikan oleh penanggung jawab harian PTRM Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, Lilis Budiwiyarti.

“Hari ini kita melakukan tes urine berkala terhadap 14 orang klien peserta program terapi rumatan methadone. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepatuhan mereka dalam terapi metadone dan untuk mengetahui apakah mereka menggunakan narkoba selain dari methadone,” ujar Lilis kepada tim Humas.

“Jangka waktu pelaksanaan tes urine berkala ini kita lakukan setahun tiga kali, tapi waktunya tidak kita beritahu ke peserta. Kadang kita juga melaksanakan tes urine secara insidentil,” lanjut Lilis Budiwiyarti.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi Bimbingan Kemasyarakatan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, Jumadi, mengatakan bahwa kegiatan tes urine tersebut juga merupakan upaya Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta dalam mencegah narkoba di dalam lapas.

“Selain untuk mengetahui kepatuhan peserta metadhone, tes urine tersebut juga sebagai upaya kami melaksanakan 2018 12 07 LAPSUSTIK METADONE 2P4GN di dalam lapas. Bukan hanya kepada peserta methadone, tapi juga ke warga binaan yang lain,” ucap Jumadi kepada tim Humas Lapas Narkotika Jakarta

PTRM adalah sebagai terapi subtitusi bagi pengguna narkoba suntik (penasun) heroin. Pemberian terapi metadhone dilakukan oleh petugas medis/paramedis yang telah diberi pelatihan. Pelaksanaan PTRM ini dilakukan dibawah pengawasan langsung dari Rumah Sakit ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta. PTRM di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta dilaksanakan sejak tahun 2006, dibawah koordinator dr Finnahari.

2018 12 07 LAPSUSTIK METADONE 3 2018 12 07 LAPSUSTIK METADONE 4

 

Kontributor: Sadi (Tim Humas Lapsustikjkt).