Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

LP Narkotika Bimtek Polsus unggulan

Jakarta, Lapsustik News – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta, Jumat (1/03) menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Teknis Pelaksanaan Tugas Polsus yang dilaksanakan di Gedung 1 Lapangan Apel.
Kegiatan ini diawali dengan Apel Petugas Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta. Dalam amanatnya Heri Purnomo selaku Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban (Adkam) sebagai Pembina Apel yang mewakili Kalapas yang tidak bisa hadir, menyampaikan “Terimakasih kepada Kepala Seksi Koordinasi dan Pengawasan Polsus beserta Tim yang telah hadir di Acara Apel Pembukaan ini yang akan memberikan Materi Pembinaan Teknis Pelaksanaan Tugas Polsus”. Heri melanjutkan “Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta dengan Polda Metro Jaya yang bertujuan untuk merefresh kembali pengetahuan mengenai latihan – latihan dasar pengamanan dalam penggunaan borgol dalam menanggulangi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas”. Kemudian Heri menambahkan “Bahwa  Pelaksanaan Pembinaan Teknis tidak hanya untuk petugas di bagian pengamanan, tetapi ini berlaku juga bagi semua petugas Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta”.

Kompol T.H. Simatupang selaku Kasi Korwas Polsus juga memberikan sambutan kepada seluruh peserta Apel. Dalam sambutannya “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggunakan borgol untuk pengamanan,” ucap T.H. Simatupang. Selanjutnya T.H. Simatupang juga menjelaskan “Seiring berjalannya waktu sebagian fungsi Polri beralih ke Lembaga Pemerintahan, misalnya: Kementerian Hukum dan HAM (Polsuspas), Departemen Perhubungan (Polsuska), Pemda (Satpol PP), Kehutanan (Polhut), Dinas Perhubungan Darat, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Kegiatan ini mempunyai Dasar Hukum yaitu: Undang – Undang Nomor 2 Tahun 2002 Pasal 13, Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2002”.
Setelah kegiatan Apel kemudian dilanjutkan  foto bersama dan pemberian Buku dari pihak Polda Metro Jaya kepada Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta yang diwakili oleh Heri Purnomo.
Kegiatan ini  dipimpin langsung oleh Kompol T.H. Simatupang dengan TIM. Dimulai dengan latihan Peraturan Baris ber Baris (PBB) untuk melatih kembali kekompakkan dan daya tanggap. Kemudian dilanjutkan praktek yang dipimpin oleh Brigadir Elka. Adapun praktek yang diajarkan adalah Drill Borgol Seri 1 dan Drill Borgol Seri 2. Drill Borgol Seri 1, borgol sebagai alat pemborgol. Drill Borgol Seri 2, borgol sebagai alat pemukul.

 Narkotika Bimtek Polsus paragraf LP Narkotika Bimtek Polsus paragraf

Kegiatan ini diikuti oleh 45 petugas Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta. Salah satu peserta menyampaikan “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk merefresh kembali latihan dasar pengamanan dan untuk membekali diri dalam menghadapi sesuatu yang tidak diinginkan di dalam Lapas,” ucap Diki salah satu peserta kegiatan. Selama kegiatan berlangsung diikuti dengan sangat antusias oleh semua peserta.
Diakhiri dengan pemberian cinderamata oleh pihak Polda Metro Jaya kepada Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

 

Kontributor : Nurmala Dewi dan Syaeful  (Tim Humas dan Dokumentasi Lapas Narkotika Jakarta)