2019 03 26 Lpasustik WBP Family 2Jakarta, Lapsustik News –  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta, Rabu (20/02) menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas menuju Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wilayah Bebas Korupsi (WBK) kepada keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berkunjung melalui kegiatan Family Gathering WBP yang dilaksanakan di selasar Gedung 2 Lapas Narkotika Jakarta. Pentingnya sosialisasi tersebut diberikan kepada WBP dan keluarganya karena mereka sangat menentukan tercapainya Wilayah Bebas Korupsi di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Lis Susanti selaku Kasubbag Tata Usaha sekaligus Ketua Tim Pokja Pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi.

“Lapas Narkotika Jakarta telah ditunjuk sebagai UPT Wilayah Bebas Korupsi atau WBK. Keberhasilan Lapas Narkotika Jakarta menjadi UPT WBK sangat ditentukan oleh bapak ibu sekalian, maka dari itu kami mengharapkan kerjasamanya untuk tidak memberikan hadiah dalam bentuk uang, barang ataupun bentuk gratifikasi lainnya, karena seluruh pelayanan yang diberikan oleh Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta tidak dipungut biaya atau gratis,” ucap Lis Susanti.

Penegasan semua layanan tidak dipungut biaya juga disampaikan oleh Soeistanto Poedji Djatmiko, Kasi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

“Saya pastikan disini semua layanan yang kami berikan baik layanan kunjungan, pengurusan PB, CB, CMB maupun program-program kegiatan yang lain dikenakan biaya Nol Rupiah. Bila dalam pelayanan ada yang memungut biaya, tolong sampaikan ke kami agar bisa ditindaklanjuti,” ucap Soeistanto.

Kegiatan sosialisasi dan Family Gathering WBP diikuti oleh 32 orang WBP dan keluarganya. Dalam kegiatan tersebut juga disosialisasikan hak-hak dan larangan bagi WBP sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan oleh Agen Perubahan. Selain itu dilaksanakan lomba yang diikuti oleh WBP berpasangan dengan keluarganya.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada petugas layanan kunjungan terfavorit pilihan pengunjung yang diraih oleh Said Achmad. Pemberian penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Saat menutup kegiatan tersebut, Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, Asep Sutandar, juga meminta dukungan dari WBP dan keluarganya agar Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta mampu meraih predikat WBK.

2019 03 26 Lpasustik WBP Family 5 2019 03 26 Lpasustik WBP Family 3

“Kegiatan Family Gathering ini kami laksanakan agar menjadi motivasi bagi setiap WBP untuk aktif memberikan kontribusi positif dan mengikuti program kegiatan yang ada di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan dukungan dari bapak dan ibu serta warga binaan semua agar Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta mampu meraih predikat WBK,” ucap Asep Sutandar.

Kalapas juga mensosialisasikan tentang pembatasan barang bawaan pengunjung yang ingin membesuk WBP Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-126.PK.02.10.01 Tahun 2019 Tentang Langkah-Langkah Progresif Dan Serius Upaya Pemberantasan Narkoba Di Rumah Tahanan Negara / Cabang Rumah Tahanan Negara, Lembaga Pemasyarakatan Dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak.

“Perlu kami sampaikan disini agar Bapak dan Ibu  serta warga binaan bisa memahami bahwa kami membatasi barang-barang bawaan saat berkunjung semata-mata sebagai upaya kami mencegah masuknya barang-barang terlarang terutama narkoba sebagai tindak lanjut Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Tentang langkah progresif dan serius upaya pemberantasan narkoba di Lapas. Jadi, kami sangat serius dalam memberantas peredaran narkoba di Lapas ini, semoga ini bisa dipahami oleh Bapak dan Ibu semua,”ucap Kalapas.

Salah satu pengunjung yang tidak ingin disebutkan namanya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Petugas atas pelayanan yang baik dan mendukung program WBK di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

“Alhamdulillah saya bisa bertemu dengan suami saya, dan petugas layanan kunjungan disini sudah sangat baik. Kalau Lapas ini mau ikut WBK, saya sangat mendukung,” ucap pengunjung wanita yang membesuk suaminya karena terjerat kasus narkoba.

2019 03 26 Lpasustik WBP Family 1 2019 03 26 Lpasustik WBP Family 4

Kontributor : Syaeful