Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

 LPNarkotika EKTP foto e ktp

Lapsustik-News - Kamis, (28/2), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta kembali melakukan kegiatan pencocokkan dan perekaman KTP-Elektronik. Hal ini dilakukan untuk menindak lanjuti terkait adanya ketidak cocokan data Warga Binaan yang sebelumnya sudah dilakukan pada saat perekaman pertama

Pelaksanaan rekam KTP-Elektronik di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta ini merupakan tindak lanjut surat Menteri Dalam Negeri Nomor 471.13/540/Dukcapil tanggal 10 Januari 2019 hal Gerakan Nasional Jemput Bola Serentak Perekaman KTP-Elektronik di Lapas/Rutan. Sekaligus mendukung terpenuhinya syarat hak konstitusional narapidana/tahanan pada Pemilihan Umum (PEMILU) Tahun 2019, dimana merupakan bukti sinergitas antara Kementerian Hukum dan HAM dan Kemeterian Dalam Negeri untuk melakukan rekam cetak KTP-Elektronik pada tanggal 17 s.d 19 Januari 2019 di seluruh Lapas,Rutan dan LPKA.

Seperti diketahui, sebelumnya sudah dilakukan perekaman KTP-Elektronik di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta (Rabu, 17 Januari 2019) yang  dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM beserta jajarannya, Menteri Dalam Negeri beserta jajarannya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) beserta Timnya, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Ketua Ombudsman, Ketua KPUD DKI Jakarta, Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Pimpinan Tinggi Madya Kemenkumham, Pimpinan Tinggi Pratama Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan, Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah (Kanwil) DKI Jakarta, Seluruh Kepala Unit Pelaksanan Teknis (UPT) Lapas/Rutan/LPKA/Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) DKI Jakarta beserta jajarannya dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta

Pelaksanaan pencocokan dan perekaman kembali data  KTP-Elektronik di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta dimulai pada pukul 09.00 WIB. Dilaksanakan oleh 12 orang Petugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta yang diawasi oleh Petugas Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta. Kegiatan ini di ikuti oleh 520 Warga Binaan Pemasyarakatan dimana data tersebut diambil dari perekaman pertama yang mana dari 2400 Warga Binaan Pemasyarakatan yang melakukan perekaman, ternyata ada 520 Warga Binaan Pemasyarakatan tersebut terdapat ketidak cocokkan data sehingga harus dilakukan perekaman dan pencocokkan kembali data KTP-Elektroniknya.

Selain untuk mensukseskan Pemilu 2019, Perekaman KTP-Elektronik ini juga bermanfaat bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta yang sebelumnya tidak memiliki KTP-Elektronik setelah mereka bebas dari Lapas Narkotika Jakarta bisa memiliki Identitas Kependudukkan kembali. “Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan ini saya bisa memilih pada Pemilu 2019”. Hal ini disampaikan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan yang tidak ingin disebutkan inisial namanya menyampaikan kepada Tim Humas.

 

Kontributor : Heri dan Fahrurrozi (Tim Humas)