Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2019 04 02 LAPSUSTIK TB SEDUNIA 1Jakarta, Lapsustik News : Menindaklanjuti Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS7.PK.01.06.04-71 tanggal 18 Februari 2019 Perihal Petunjuk Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2019, maka Tim Layanan Kesehatan Klinik Medis Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Jakarta melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Skrining Tuberkulosis (TB) terhadap Keluarga Pengunjung Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, Senin (18/03) dilaksanakan di Ruang Layanan Kunjungan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Kegiatan Penyuluhan disampaikan langsung oleh Dr. Yusman selaku Koordinator beserta Tim Kesehatan Klinik Medis kepada  seluruh Keluarga Pengunjung WBP Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta yang saat itu mengunjungi (membesuk) WBP Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta. Penyuluhan diberikan dari Pukul 13.00 s.d 13.30 wib  selama 30 menit sebelum Pendaftaran Kunjungan dibuka.

“Saatnya Indonesia Bebas dari Penyakit TBC yang dimulai dari diri kita sendiri, jangan takut mengenal lebih dini apa itu TBC dan bagaimana pencegahan, pengendalian dan pengobatannya.” Ucap Yusman kepada Keluarga Pengunjung WBP yang Nampak dengan serius menyimak dan memperhatikan tiap kalimat yang disampaikan oleh Yusman.

2019 04 02 LAPSUSTIK TB SEDUNIA 2

Sesuai Surat Edaran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kesehatan Republik Indonesia Nomor PM.01.01/1/1207/2019 tanggal 23 Januari 2019 perihal Permohonan Fasilitasi Penemuan Terduga TBC di Lapas/Rutan dalam rangka Hari Tuberklosis sedunia tahun 2019, maka Dalam Ruangan Kunjungan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta terlihat ada pemasangan standing banner Komunikasi Informasi dan Edukasi selama periode skring batuk yang dilaksanakan selama 3 hari periode tanggal 18 – 23 Maret 2019.

“Selanjutnya setelah penyuluhan diberikan, Selasa (20/03) Keluarga Pengunjung WBP Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta diberikan Tindakan Layanan Skrining Batuk selama 3 hari dan diberikan Masker bagi yang menderita batuk. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penularan dan menemukan kasus TB secara Intensif, Ucap Dr.Yusman kepada Tim Humas.

Dr. Birindra Shanti menyampaikan kepada Tim Humas “Bahwa Kegiatan Skrining dilakukan kepada Keluarga Pengunjung WBP Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta yang dilaksanakan di Gedung II arah sebelum mereka masuk berkunjung WBP yang ada di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta dengan jumlah 30 Orang.”

Kemudian Jumadi selaku Kepala Subsi Bimkemaswat menyampaikan kepada Tim Humas “Bahwa Kegiatan Peringatan Hari TB sedunia tahun 2019 semakin baik karena Layanan Kesehatan tidak hanya untuk Warga Binaan Pemasyarakatan saja namun Keluarga Pengunjung WBP juga diberikan,” Jumadi menambahkan “Semoga harapan saya Kegiatan Penyuluhan dan Skrining ini bisa mengurangi bahkan mencegah timbulnya penularan penyakit TB disekitar kita,aamiin.”

Untuk Informasi bahwa berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS7.PK.01.06.04-71 Tanggal: 08 Februari 2019 perihal Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Skrining TBC Kepada Pengunjung Dalam rangka Peringatan Hari TB se-Dunia Tahun 2019 ada 4 Langkah sebagai berikut :

  1. Petugas bertanya kepada pengunjung apakah sedang batuk atau tidak,
  2. Bagi pengunjung yang batuk, diberikan masker dan dilakukan skrining menggunakan Formulir Penemuan Kasus TB oleh Kader (Form Terlampir) dengan melibatkan kader kesehatan,
  3. Apabila ditemukan suspek, diberikan edukasi dan disarankan untuk pemeriksaan mandiri di Puskesmas sesuai alamat masing-masing,
  4. Data Suspek diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Setempat.

2019 04 02 LAPSUSTIK TB SEDUNIA 1

2019 04 02 LAPSUSTIK TB SEDUNIA 2

Kontributor : Nurmala Dewi dan Ayep ( Tim Humas)