Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2019 04 23 LAPSUSTIK KUNJUNGAN LGSG 1Jakarta, Lapsustik News  Menindaklanjuti Surat Perintah Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Klas IIA Jakarta dengan Nomor: W.10.PAS.PAS.2.DL.03.04-1248 Tanggal 10 April 2019 Perihal Surat Perintah Pelaksanaan Kegiatan Layanan Kunjungan Kontak Langsung  Dalam Rangka Pemenuhan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta yang dilaksanakan Kamis,(11/02) di Lapangan Hijau Gedung III Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Pelaksanaan kegiatan layanan kunjungan kontak langsung melibatkan Pegawai Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan Fungsional Umum (JFU) Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta dan dikoordinir langsung oleh Pejabat Struktural Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.  Teknis pelaksanaan kunjungan dibagi 2 sesi yaitu sesi pagi yang dimulai dari pukul 09.00 s.d. 12.00 wib, kemudian setelah istirahat dan dilanjutkan sesi siang dimulai dari pukul 13.30 s.d 15.00 wib.

2019 04 23 LAPSUSTIK KUNJUNGAN LGSG 1 2019 04 23 LAPSUSTIK KUNJUNGAN LGSG 2

Sebelum layanan pendaftaran kunjungan dibuka, Asep Sutandar sebagai Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta memberikan Sosialisasi tentang aturan Standar Operasional Prosedur (SOP) Layanan Kunjungan pada Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta, adapun yang disampaikan sebagai berikut :

  1. “Layanan Kunjungan Kontak Langsung bulan April 2019 adalah kegiatan untuk kesekian kalinya diberikan sebagai wujud Apresiasi (Penghargaan) kepada WBP dan Keluarga Pengunjung WBP Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta karena selama pelaksanaan proses layanan kunjungan berlangsung WBP dan Keluarga WBP selalu kooperatif kepada petugas layanan kunjungan dan berjalan tertib mengikuti  aturan yang berlaku pada Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.
  2. Adanya batasan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa pada saat berkunjung itu merupakan bentuk antisipasi dari kemungkinan penyelundupan barang terlarang melalui barang bawaan pengunjung.
  3. Ruang kaca sebagai sekat pembatas yang ada di dalam ruangan kunjungan telah ada sejak peresmian operasionalisasi Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta sebagai Lapas Khusus Narkotika oleh Presiden Republik Indonesia Megawati Kala itu.
  4. Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta Tahun 2019 merupakan Lapas yang membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Prilaku Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM-red) yang artinya Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta sedang berupaya serius memberikan Peningkatan Layanan Publik salah satunya Layanan Kunjungan kepada WBP dan Keluarga Pengunjung WBP yang baik dengan inovasi teknologi dengan biaya Rp 0, dan disediakan fasilitas yang mumpuni sehingga pelayanan yang diberikan diharap mampu memberikan hasil yang terbaik.

Kemudian Heri Purnomo selaku Kepala Seksi Adkam yang juga menjadi Pengawas Area Kunjungan menyampaikan kepada WBP dan Keluarga Pengunjung WBP “Kami berharap, semoga adanya Kegiatan Kontak Langsung menjadikan semua WBP terus bersemangat memperbaiki diri dengan adanya dukungan dari keluarga yang datang berkunjung dan WBP diharapkan berperan aktif mengikuti kegiatan pembinaan, sehingga bisa saja kegiatankunjungan kontak langsung ini menjadi sering dilaksanakan di Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta karena adanya perubahan prilaku yang lebih baik yang ditunjukan WBP.”

Ruslan salah satu dari pengunjung menyampaikan kepada Tim Humas “Saya sangat senang, karena bisa bertemu langsung dengan anak saya di Lapas Narkotika Jakarta dan selama proses layanan berlangsung kami dilayani, difasilitasi, diawasi serta dijaga cukup baik oleh  Petugas Layanan Kunjungan Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.”

Berdasarkan informasi yang didapatkan layanan kontak langsung Total WBP yang dikunjungi 369 orang, pengunjung wanita 391 orang, pengunjung pria sebanyak 100 orang dan anak 153 orang.

2019 04 23 LAPSUSTIK KUNJUNGAN LGSG 3 2019 04 23 LAPSUSTIK KUNJUNGAN LGSG 4

Kontributor : Tim Humas dan Publikasi Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta (Nurmala Dewi, Budi Leksono dan Andi Toyib)