Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

PPID

ID EN

LAPSUSTIK BUKA PUASA TAUSIYAH ceramah

Jakarta, LapsustikNews – Setelah Pagi hari melaksanakan pembagian 320 paket Baksos Sembako dan 250 bungkus Takjil kepada Warga Sekitaran Cipinang Jakarta Timur, Kemudian Sore Hari Menjelang Maghrib Jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas IIA Jakarta melanjutkan kegiatan Safari Romadhon 1440 H, Kamis (23/05) dengan rangkaian acara Buka Puasa  dan Tausiyah Agama bersama Ustadz Munawir Ngacir (Penceramah MNCTV) yang dilaksanakan di Selasar Area Gedung II Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Acara ini dimulai pukul 16.30 s.d 19.00 wib dihadiri para tamu undangan, Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta beserta Jajarannya, Kepala Unit Pelaksana Teknis (Ka.UPT) Se-DKI Jakarta beserta Jajarannya, Pegawai Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta dan Kru Manajemen Ustadz Munawir Ngacir.

Dibulan puasa Safari Romadhon adalah sebagai ajang silaturrahim antara sesama muslim dibulan ramadhan. Dimana Tradisi silaturrahim ini sangat dianjurkan karena memiliki efek yang sangat konstruktif baik bagi kehidupan individu maupun sosial. Sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah, silaturrahim memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah memperpanjang usia dan memperbanyak rezeki bagi yang melakukannya. Seperti hadis Rasulullah SAW. "Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturrahim".

Kegiatan diawali dengan menyaksikan penampilan dari Tim Marawis Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta yang menampilkan beberapa buah lagu Islami yang diperdengarkan oleh para tamu undangan. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan Sari Tilawah yang dibawakan oleh Muhammad Arief Makmur dan Widya yang keduanya merupakan Pegawai dari Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Berikutnya adalah acara Inti yaitu Tausiyah Agama yang disampaikan oleh Ustadz Munawir Ngacir dimana beliau juga penceramah yang biasa mengisi stasiun studio MNCTV dengan Tema Berbagi Berkah Dalam Romadhon Mulia menjelaskan “Bulan Romadhon merupakan peluang emas bagi setiap muslim untuk menambah jumlah pahalanya di sisi Alloh SWT. Di dalam hadits yang meriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi dikatakan “Bahwa amalan sunnah pada bulan Romadhon bernilai seperti amalan wajib dan amalan wajib ini senilai 70 amalan wajib di luar Romadhon.” Ustadz Munawir melanjutkan “Maka itu raihlah setiap peluang untuk berbuat baik sekecil apapun meskipun hanya sekedar tersenyum di depan orang lain. Ciptakanlah kreasi dan inovasi dalm berbuat kebaikan agar tabungan kita di bulan Romadhon terus bertambah.” “Mari kita jadikan bulan Romadhon ini yang terbaik apalagi menjelang 10 hari terakhir kita bersama-sama ikhtiar dan berdoa semoga bisa meraih malam Lailatul Qodar,aamiin”. Ucap Ustadz Munawir.

Acara diakhiri dengan pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Munawir Ngacir yang kemudian lanjut dengan berbuka puasa yang dilanjutkan setelahnya dengan Sholat Magrib berjama’ah yang dipimpin oleh Sudirman Has selaku Koordinator Dewan Pengajar Santri WBP Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Kontributor (Nurmala Dewi )