Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2019 06 27 LAPSUSTIK LATSAR PETUGAS LAPAS RUTAN 1Jakarta, Lapsustiknews – Sebanyak 40 petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) yang terdiri dari 35 orang laki-laki dan 5 orang wanita melakukan kegiatan pelatihan pengamanan di Lapas Narkotika Jakarta Klas IIA Jakarta, Rabu (26/6). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Klas IIA Jakarta Asep Sutandar, dalam sambutannya Asep mengatakan “Saya juga dulu berawal dari Anggota jaga sama seperti kalian ini, jadi jangan pernah berkecil hati dengan jabatan kalian saat ini, Semangat untuk para peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini, semoga para peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik agar tetap mempertahankan integritasnya sebagai petugas lapas atau Rutan.” Selanjutnya para peserta diperintahkan oleh Bapak Kalapas untuk memperkenalkan diri masing-masing dan asal Unit Pelaksana Teknis (UPT) para peserta, setelah itu diberikan penayangan profil Lapas Narkotika Klas IIA Jakarta.

Sebelum memulai kegiatan simulasi pengamanan para peserta dibagi menjadi 4 kelompok yang terdiri dari 10 orang pada tiap kelompoknya. Simulasi pengamanan dibagi menjadi 9 tahapan yaitu:

  1. Praktek apel petugas pengamanan tingkat dasar
  2. Praktek serah terima tugas pengamanan
  3. Praktek penjagaan, Tempat : Pa2U
  4. Praktek pengawalan dan penggunaan sarana pendukung (borgol tangan)
  5. Praktek penguncian blok dan kamar hunian, Tempat : Blok C
  6. Praktek penggeledahan dan standar kesehatan, Tempat : Blok C
  7. Praktek kontrol dan penindakan gangguan kamtib, Tempat : Blok C
  8. Praktek pengendalian lingkungan, Tempat : Steril area (Antara Gedung 2 dan Gedung 3)
  9. Praktek penindakan gangguan kamtib keadaan tertentu, Tempat : Blok C
2019 06 27 LAPSUSTIK LATSAR PETUGAS LAPAS RUTAN 3 2019 06 27 LAPSUSTIK LATSAR PETUGAS LAPAS RUTAN 4

“Dimohon untuk para peserta kegiatan pelatihan pengamanan agar dapat mengikuti kegiatan pelatihan pengamanan ini dengan sungguh-sungguh”, ujar Rico selaku pengajar.

Kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar dan para peserta mengikuti tahapan-tahapan dengan baik.

Rico menyampaikan kepada tim humas, “bahwa kegiatan pelatihan pengamanan ini sangat penting agar para peserta dapat memahami secara teori dan secara Praktek bagiamana SOP pengamanan secara baik dan benar.”

2019 06 27 LAPSUSTIK LATSAR PETUGAS LAPAS RUTAN 5 2019 06 27 LAPSUSTIK LATSAR PETUGAS LAPAS RUTAN 6

Kontributor : Thoyib Andi W