Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

LPKA DIKLAT PK
Selasa (9/4) sebagai salah satu rangkaian pelaksanaan Diklat Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Angkata Ke V Tahun 2019 sebanyak 10 orang Peserta Diklat melaksanakan Praktik pembuatan Litmas (Penelitian Kemasyarakatan) kepada 10 Anak Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jakarta yang dilaksanakan di Griya Belajar pada pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala LPKA Jakarta, Kepala Seksi Pengawasan dan Penegakan Disiplin dan Kepala Sub Seksi Pendidikan dan Bimkemas, 2 orang pendamping dari Ditjen Pemasyarakatan dan 2 orang pendamping dari BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kementerian Hukum dan HAM RI. Kegiatan dibuka oleh Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jakarta, Herastini Bc.IP., S.H., M.Si, beliau berharap dengan keberadaan PK di dalam UUD Sistem Peradilan Pidana Anak dapat membuat Anak tetap di tengah-tengah keluarga dan masyarakat “Peran PK ini sangat diharapkan untuk masa depan Anak Indonesia karena dalam UUD SPPA keberhasilan Diversi sangat diharapkan untuk tidak masuknya Anak kedalam penjara, Anak yang terbaik ada di tengah keluarga dan masyarakat untuk keperluan pemenuhan Hak Dasarnya” terang Kepala LPKA Jakarta.

Kegiatan dilanjut pengarahan dari Ibu Acik Selaku pendamping dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Dalam arahannya beliau berharap seluruh Peserta Diklat PK dapat menyesuaikan kondisi Anak. “Litmas yang dibuat ini harus menyesuaikan dengan kondisi anak masing-masing karena Anak yang akan diwawancarai berbeda beda terkait dengan masa pidana kasus dan berapa lama sudah ada di LPKA Jakarta sehingga itu akan menentukan jenis Litmas apa yang akan dibuat” terang beliau kepada para Peserta.

Setelah pembukaan kegiatan dilanjut dengan praktik pembuatan Litmas yang diikuti oleh 10 Anak Didik LPKA Jakarta. Mereka diwawancarai mengenai latar belakang serta kasus apa yang dihadapi. Sehingga dalam hasil Litmas didapatlah rekomendasi kepada Anak Didik tersebut kegiatan apa yang harus dijalani selama melaksanakan Pembinaan agar dapat memperbaiki perilaku Anak ketika sudah kembali ke tengah masyarakat.

LPKA DIKLAT PK  LPKA DIKLAT PK

 

Berita dan foto: LPKA Kelas II Jakarta