Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2019 09 04 LPP CRAFT 1Jika anda mempunyai koran yang sudah tidak terpakai, jangan buru-buru untuk membuangnya. Karena, hanya dari selembar koran, Anda bisa mengolahnya menjadi karya yang bernilai harganya. Seperti yang dilakukan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan kelas IIA jakarta, dengan hanya bermodalkan koran bekas dan kain percak, WBP dapat mengubah limbah koran menjadi ondel-ondel yang cantik.

Melalui tangan terampil dari sekumpulan ibu rumah tangga yang tergabung dalam Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Duren Sawit, WBP diberikan pelatihan untuk mengolah limbah koran, Selasa (3/9).

“Ini merupakan salah satu inovasi terbaru kami dalam memanfaatkan limbah koran. Dan kami ingin berbagi ilmu yang kami punya kepada ibu-ibu warga binaan di sini.” Ujar Sri Nuryani, Ketua Tim Penggerak PKK.

Hal ini disambut baik oleh Kepala Lapas, Yuli Niartini. Ia menganggap, pelatihan seperti ini lah yang sangat dibutuhkan warga binaan. ”Pelatihan ini sangat 2019 09 04 LPP CRAFT 2bermanfaat bagi warga binaan, selain dengan tekniknya yang mudah, modal untuk membuatnya pun tidak terlalu mahal sehingga sangat bisa dijadikan peluang usaha untuk mereka saat bebas nanti.” Pungkasnya.

Kegiatan diawali dengan melintingkan koran pada sebatang lidi. Warga binaan yang mengikuti pelatihan tampak antusias. Terlihat saat mereka mulai melintingkan koran menjadi lintingan yang sangat kecil. Dengan teliti, mereka menggabungkan lintingan tersebut sehingga berbentuk ondel-ondel. Setelah itu,mereka mulai mewarna nya agar lebih menarik dan memakaikan baju yang terbuat dari kain percak.

“Seneng banget bisa ikut pelatihan buat ondel-ondel. Nanti saya mau buat lagi untuk dikasih ke keluarga supaya mereka tau kalau saya di sini punya aktifitas yang bermanfaat.” Ujar Bella, warga binaan.

Nantinya, pembuatan ondel-ondel ini akan terus dilanjutkan dan menjadi salah satu produk unggulan di Lapas Perempuan Jakarta.

2019 09 04 LPP CRAFT 4 2019 09 04 LPP CRAFT 3