Kiat Pulih dari Adiksi Narkoba dengan Pascarehabilitasi bagi Klien Bapas Kelas I Jakarta Pusat Bersama BNNP DKI Jakarta dan Yayasan Karisma

Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Pusat menyelenggarakan kegiatan pascarehabilitasi bagi klien mantan pecandu, pengguna dan penyalahguna narkotika yang sedang menjalani pembimbingan integrasi, Rabu (15/7). Kegiatan diselenggarakan dengan menghadirkan narasumber dr. Nadiah, Kepala Seksi Pascarehabilitasi BNNP DKI Jakarta dan Reza Novalino, Koordinator Program Yayasan Karisma.

Dalam sambutannya, Heru Prasetyo (Kepala Bapas Kelas I Jakarta Pusat) menyampaikan bahwa “Program pascarehabilitasi merupakan salah satu bentuk layanan dari Bapas kepada klien pemasyarakatan dalam upaya memfasilitasi klien untuk pulih dari ketergantungan narkoba. Keberhasilan klien untuk pulih dari adiksi narkoba sangat ditentukan oleh diri klien sendiri untuk berubah, dukungan keluarga, serta lingkungan masyarakat tempat tinggal klien.”

Kegiatan pascarehabilitasi di Bapas Kelas I Jakarta Pusat diikuti oleh sepuluh peserta klien dan didampingi oleh penjaminnya. Kegiatan ini diselenggarakan meliputi lima sesi kegiatan, yakni asesmen pralayanan menggunakan ASSIST (Alcohol Smoking and Substance use Involvement Screening Test), peer counseling (konseling kelompok sebaya) yang difasilitasi oleh Yayasan Karisma, Konseling keluarga, seminar pengembangan diri, dan konseling individual yang difasilitasi oleh Pembimbing Kemasyarakatan. Dalam kegiatan ini, juga dilaksanakan pembagian bantuan sosial yang diserahkan oleh Kepala Bapas Kelas I Jakarta Pusat kepada para peserta.

Pada akhir kegiatan, salah satu peserta menyampaikan rasa terimakasih atas kepedulian Bapas Kelas I Jakarta Pusat karena telah memfasilitasi dirinya untuk bisa pulih dari jerat adiksi narkoba. Selain itu, salah satu keluarga klien juga menyampaikan harapan agar kegiatan seperti ini untuk tetap bisa dilanjutkan karena sangat membantu klien dalam upaya untuk pulih dari adiksi narkoba dan memberikan pengetahuan kepada klien dan keluarga tentang bagaimana harus mengisi masa depan dengan kegiatan lebih positif.

Usai kegiatan tak lupa para peserta, fasilitator, pembimbing kemasyarakatan, dan pejabat struktural mengabadikan momen dengan berfoto bersama.

2020 07 15 bapas jakpus 1 2020 07 15 bapas jakpus 3
2020 07 15 bapas jakpus 2 2020 07 15 bapas jakpus 4

2020 07 15 bapas jakpus 5


Print   Email