Inovasi Yanlik Lapas Narkotika Jakarta: Isi Survey Pelayanan Publik Semudah Update Status Di Sosial Media dengan QR Code

2020 01 24 LPN Survey Yanlik 2
Jakarta, Lapsustik News, Tim Survey Layanan Kunjungan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA (Lapsustik) Jakarta terjun untuk melaksanakan survey kepada masyarakat pengguna layanan publik Lapsustik Jakarta terkait penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat. Jumat (24/01). Hal ini dilaksanakan menindaklanjuti Surat Edaran Kepala Badan Peneltian dan Pengembangan Hukum dan HAM (Balitbangkumham) Nomor : PPH-UM.01.01-130 tanggal 17 Januari 2020 tentang Pelaksanaan Survei Mandiri Berbasis Elektronik.

Oga Gioffanni Darmawan selaku Kepala Lapsustik Jakarta menjelaskan kepada Tim Humas “Maksud dan Tujuan dari adanya Survey ini adalah supaya kita mengetahui seberapa berhasil atau tidaknya dalam memberikan Layanan Publik kepada Masyarakat atau Pengunjung Keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapsustik Jakarta, kita akan mendapatkan data dan Informasi terkait kepuasan para pengunjung hal apa saja yang harus dievaluasi dan ditingkatkan agar terbukti bahwa Lapsustik Jakarta benar-benar berusaha mewujudkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBK dan WBBM)”.

Untuk membangun Zona Integritas, terdapat enam area perubahan yang harus diwujudkan, seperti area manajemen perubahan, area penataan tata laksana dan area penataan sistem manajemen SDM. Selain itu, perubahan juga harus dilakukan pada area akuntabilitas kinerja, area penguatan pengawasan dan area peningkatan kualitas layanan publik.

Perubahan pada area peningkatan kualitas pelayanan publik terus ditingkatkan untuk mewujudkan Pelayanan Prima. Peningkatan kualitas pelayanan hanya dapat dirasakan oleh penerima layanan, masyarakat/keluarga pengunjung khususnya. Selain dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Lapas Narkotika Jakarta juga dituntut untuk mempublikasikan Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat melalui baner, poster papan informasi, website dan social media.

Sejak wal pencanangan ZI WBK dan WBBM, Lapas Narkotika Jakarta sudah melaksanakan kegiatan survey kepada masyarakat dengan cara menyebarkan kuisioner untuk diisi secara mandiri, dan hasilnya pun langsung direkap oleh Tim Pokja Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Dengan adanya Inovasi Survey yang sudah berbasis digital dalam bentuk QRCode, hal ini untuk mempermudah masyarakat dalam pengisian survey. Seluruh Tim Layanan Kunjungan juga ikut berpartisipasi untuk mensosialisasikan cara penggunaan E-Survey ini kepada masyarakat dengan cara memberikan sosialisasi sebelum layanan kunjungan dibuka, menempelkan poster dan baner di area layanan Kunjungan.

Inovasi Survey ini, dapat digunakan bagi masyarakat pengguna Handphone Android dan iOS, cukup dengan Scan QRCode dan masyarakat sudah bisa mengisi survey pelayanan publik Lapas Narkotika Jakarta melalui gadgetnya masing-masing.

Gipsta salah satu petugas sebagai Tim Survey Lapsustik Jakarta menyampaikan kepada Tim Humas “Bahwa sampai saat ini sudah banyak responden yang sudah berpartisipasi untuk mengisi survey, diharapkan dengan adanya inovasi ini masyarakat mampu memberikan penilaian dengan mudah, cepat, dan tanpa intimidasi pihak manapun, yang artinya mereka semua mengisi berdasarkan hati nurani dan kesadaran diri bukan karena paksaan siapapun”.

Setelah selesai mengisi survey, salah satu pengunjung menyampaikan kesannya kepada Tim Humas “Pengisian surveinya lebih mudah, simpel dan tidak ribet hanya dengan menggunakan handphone saja”, selain itu juga memberikan dukungan dan menyampaikan harapannya “semoga pelayanannya semakin bagus dan Lapas Narkotika Jakarta berhasil meraih WBK dan WBBM”, lanjutnya.

2020 01 24 LPN Survey Yanlik 1

 

Kontributor : Gde Dwaja (Tim Humas Lapsustik Jakarta)

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Print   Email