Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

WAWANCARA WNI 2jakarta.kemenkumham.go.id - Selasa, 12-Maret-2019. Dalam rangka memberikan pelayanan atas permohonan Pewarganegaraan Republik Indonesia yang diajukan oleh para Warga Negara Asing melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, maka Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta melalui Divisi Pelayanan Hukumnya melakukan kegiatan wawancara kepada Calon Pewarganegara Indonesia.

Kegiatan berlangsung di Ruang rapat Kepala Divisi Pelayanan Hukum. Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Bambang Sumardiono berkesempatan hadir memimpin kegiatan wawancara didampingi jajaran internal Kanwil DKI Jakarta yang terdiri dari Kepala Divisi Pelayanan Hukum (Baroto), Kepala Bidang Pelayanan Hukum (Nurhendro) dan Kepala Subbidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum dan Kekayaan Intelektual (Bintang).

Kewarganegaraan Republik Indonesia dapat diperoleh melalui proses pewarganegaraan, dalam Undang-undang No.12 Tahun 2006 Pasal 9 mengatakan bahwa Permohonan pewarganegaraan dapat diajukan oleh pemohon jika memenuhi persyaratan.

Dalam kegiatan ini tim melayangkan pertanyaan kepada para pewarganegaraan dengan metode wawancara. Para pemohon Kewarganegaraan Indonesia wajib dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan fasih. Saat pengujian pewarganegaraan juga dituntut bisa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia karena nantinya ini akan berpengaruh saat pengambilan sumpah kewarganegaraannya kelak.