Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2019 02 20 Penyuluhan Hukum di SD 5jakarta.kemenkumham.go.id - Penyuluh Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan penyuluhan hukum kepada siswa. Kegiatannya yang dilakukan ini adalah untuk memberi pengetahuan terhadap siswa tentang perlindungan hukum yang menyangkut generasi milenial.

Kegiatan dilaksanakan di dalam kelas untuk pemberian wawasan tentang perlindungan hukum kepada para pelajar sedini mungkin.

Kegiatan penyuluhan hukum ke sekolah-sekolah ini merupakan upaya untuk menciptakan sekolah sadar hukum dan para siswa yang sadar hukum. Hal ini bertujuan untuk mencegah generasi muda agar tidak terjerumus dalam jerat hukum serta memberikan pengetahuan tentang perlindungan anak. 

Rabu (20/2/2019), Di Sekolah Dasar Gunung 05 Pagi ini Para Penyuluh Hukum dari Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menyampaikan materi yang berkaitan dengan perlindungan anak di dunia pendidikan. Dengan metode penyampaian yang diselingi dengan games dan gimik para penyuluh hukum mengupas tentang Undang-Undang No.35 Tahun 2014 Tentang Perubahan atas Undang-Undang No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak yang membuat para siswa tidak menjadi jenuh.

"Didalam Pasal 9 Ayat (1a) mengamanatkan bahwa setiap anak berhak mendapatkan perlindungan di satuan pendidikan dari kejahatan seksual dan kekerasan yang dilakukan oleh pendidik, tenaga kependidikan, sesama peserta didik dan/atau pihak lain" ungkap Elli Sabarijani penyuluh hukum Kanwil DKI.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian, partisipasi aktif kami sebagai penyuluh hukum dan bentuk rasa sayang kami kepada adik-adik generasi milenial. Sebagai generasi penerus bangsa agar paham tentang hukum dan kami tidak ingin adik-adik terjerumus ke masalah hukum,” tambah Sukoco, saat memberikan penyuluhan di Sekolah Dasar Gunung 05 Pagi, Rabu (20/2/2019).

Lebih lanjut wahyu murtiwidodo mengatakan, generasi muda ini harus dibentuk karakternya, sehingga bisa menjadi generasi yang sadar dan taat hukum. "Ayo kita lindungi anak-anak dari segala tindak kekerasan dan diskriminasi agar mereka dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal.

Dalam rangka merealisasikan tujuan dan cita-citanya menciptakan sekolah sadar hukum, maka para penyuluh hukum Kanwil DKI Jakarta memberikan penyuluhan-penyuluhan ke sekolah-sekolah yang berada di wilayah DKI Jakarta. Seperti yang dilakukan pada hari ini para penyuluh hukum yang terdiri dari Elli Sabarijani, Sukoco Hendarto, Wahyu urtiwidodo melaksanakan kegiatan penyuluhan Hukum di SD Gunung 05 PG.

2019 02 20 Penyuluhan Hukum di SD 3 2019 02 20 Penyuluhan Hukum di SD 4

Sedini mungkin kami mengingatkan, mengajak dan menjaga (melindungi) generasi penerus bangsa untuk membentuk karakter pribadi yang baik dalam bermasyarakat. Jangan sampai mereka terjerumus di lubang yang salah,” lengkapnya.

Kegiatan para penyuluh hukum yang blusukan dan membagikan pengetahuannya tentang hukum didepan para siswa membuat suasana menjadi aktif dengan penuh tanya jawab

“Kami berupaya mengoptimalkan kegiatan penyuluhan hukum masuk ke sekolah, sebab hal ini sangat penting dalam membentuk karakter generasi emas Bangsa Indonesia yang sadar hukum.