2019 04 09 SOSIALISASI I PENYUSUNAN RANCANGAN PERDA 3

jakarta.kemenkumham.go.id - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, DR. Bambang Sumardiono membuka sekaligus memberikan sambutan dalam Kegiatan Sosialisasi Fasilitasi Harmonisasi Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah yang berlangsung di Aula Lantai 4 Kanwil DKI Jakarta. Selasa (09/04/2019). Beliau Menyampaikan bahwa menuangkan kebijakan ke dalam peraturan perundangan tidaklah semudah membuat kebijakan itu sendiri. Adanya kepentingan, tak jarang membuat kebijakan yang dibuat oleh pimpinan puncak menjadi tidak harmonis dilevel pelaksana. Permasalahan tumpang tindih peraturan perundangan secara vertikal maupun horizontal sangatlah rumit. Oleh sebab itulah salah satu area perubahan Reformasi Birokrasi adalah harmonisasi peraturan perundang-undangan.

"Saya berharap, pengetahuan yang saudara peroleh selama mengikuti kegiatan ini benar-benar dimanfaatkan dan dikembangkan dalam pelaksanaan tugas saudara setelah kembali ke unit kerja masing-masing", pesan Kakanwil.

2019 04 09 SOSIALISASI I PENYUSUNAN RANCANGAN PERDA 2 2019 04 09 SOSIALISASI I PENYUSUNAN RANCANGAN PERDA 1

Dalam laporannya, Kepala Divisi Pelayanan Hukum, DR. Baroto selaku Ketua panitia penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan ini akan meningkatkan pemahaman terhadap proses tahapan pembentukan suatu produk hukum daerah yang akomodatif, aspiratif, efektif, dan implementatif melalui terpenuhinya syarat formil dan materil dalam pembentukan peraturan perundang-undangan.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari dalam bentuk pemberian materi, tanya jawab dan diskusi dengan menghadirkan Narasumber yang berasal dari Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham RI, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dan Biro Hukum Provinsi DKI Jakarta.

"Dengan dilakukannya pengharmonisasian maka diharapkan akan dihasilkan suatu produk hukum daerah yang baik dan merupakan bagian integral yang utuh dari keseluruhan sistem peraturan perundang-undangan", pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, para Pejabat Tinggi Pratama Kanwil DKI Jakarta dan Para Pejabat Administrator dari Divisi Pelayanan Hukum Dan HAM dilingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Serta para tamu undangan dari Direktorat Jenderal Perundangan-undangan RI bersama Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta dan Para Narasumber yang hadir dalam kesempatan itu.

2019 04 09 SOSIALISASI I PENYUSUNAN RANCANGAN PERDA 4

(Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta)