Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

 

Sosialisasi PT jakarta.kemenkumham.go.id. Sosialisasi Perseroan Terbatas "Sinkronisasi Layanan AHU Online Perseroan Terbatas Dan Persekutuan Perdata". Dilaksanakan di Hotel Swiss-Belresidences, Selasa, 16 April 2019. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan HAM DKI Jakarta, Bambang Sumardiono, membuka secara resmi sekaligus memberikan penguatan kepada para peserta terhadap Peraturan Pemerintah no. 24 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik melalui Aplikasi Online Single Submission yang merupakan wujud konsistensi pemerintah dalam mewujudkan percepatan kemudahan berusaha. Online Single Submission Terintegrasi dengan Kementerian Hukum dan HAM untuk mempercepat pengurusan perizinan. Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Baroto, sebagai Ketua Penyelenggara dan Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Kumham DKI, Nurhendro sebagai moderator pada kegiatan ini.  Para narasumber pada kegiatan ini adalah Kabid Hubungan Antar Lembaga, PP INI,  Sri Widyawati. SH. Analis Permasalahan Hukum Dirjen AHU, Pranudio. dan Kasubdit Pelayanan Operasional Perizinan Usaha, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kukuh Agung Pribadi. Para peserta terdiri dari notaris wilayah DKI Jakarta; Pejabat Pelayanan Terpadu Satu Pintu; Badan koordinasi dan Penanaman Modal; Badan ekonomi kreatif; Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta; Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta; Fakultas Hukum UKI; Magister Kenotariatan UPH; dan Fakultas Hukum STHI.

 Sosialisasi PT

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM ketika menyampaikan laporan penyelenggaraan kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi perseroan terbatas ini adalah suatu kegiatan dalam bentuk sosialisasi yang ditujukan kepada para instansi terkait dan stakeholder sehingga dapat memperoleh informasi mengenai perkembangan AHU online perseroan terbatas, persekutuan perdata dan pelaksanaan online single submission, sehingga terjadi kesamaan persepsi dan tercapai "common interest", yakni bagaimana kepentingan pemerintah dan masyarakat bertemu.

Sosialisasi PT

Lebih jauh dijelaskan oleh Kepala Kantor Wilayah dalam sambutannya bahwa Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan ini dengan tujuan agar masyarakat khususnya instansi terkait lebih memahami tugas, fungsi dan perkembangan inovasi terkait layanan AHU Online.

Peran negara dalam memberikan perlindungan bagi seluruh masyarakat Indonesia di sektor ekonomi antara lain melalui pembentukan Undang undang Nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Menyikapi kemudahan berusaha Kementerian Hukum dan HAM telah melakukan revolusi pelayanan secara online pendirian perseroan terbatas melalui sistem administrasi badan hukum dan sistem administrasi badan usaha. Adapun pelayanan yang diberikan dalam sistem administrasi badan hukum berupa pengesahan badan hukum Perseroan Terbatas, pemberian persetujuan perubahan anggaran Perseroan Terbatas, serta pemberitahuan informasi lainnya secara elektronik. Selain itu dalam sistem administrasi badan usaha Kementerian Hukum dan HAM memberikan pelayanan pendaftaran Persekutuan Komanditer, Persekutuan Firma dan Persekutuan Perdata. Dengan diterbitkannya peraturan presiden Nomor 91 Tahin 2017 tentang percepatan pelaksanaan berusaha dan peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2018 tentang pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik melalui aplikasi online single submision yang merupakan wujud konsistensi pemerintah dalam mewujudkan kemudahan berusaha. Dengan adanya online single submission ini setiap badan hukum / badan usaha wajib memiliki nomor induk berusaha. Online single submission terintegrasi dengan Kementerian Hukum dan HAM untuk mempercepat pengurusan perizinan. Kegiatan dilanjukan paparan dari masing-masing narasumber dilanjutkan diskusi yang di moderatori oleh Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Kumham DKI.

 Sosialisasi PT

 Sosialisasi PT

 

Berita dan foto: Moro, Satrio