Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2019 05 27 SOSIALISASI KEWARGANEGARAAN SWISS BELRESIDENCES 1jakarta.kemenkumham.go.id - Senin, 27/05/2019. Bertempat di Ruang Meranti Swiss-Belresidences Kalibata, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta melalui Divisi Pelayanan Hukumnya melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kewarganegaraan bertema "Status Kewarganegaraan Anak Melampaui Batas Usia 21 Tahun di Indonesia". Kegiatan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Dr. Bambang Sumardiono.

Seperti yang diketahui bahwa Kewarganegaraan RI diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia dimana diatur secara detail mengenai Kewarganegaraan, Pewarganegraan, Kehilangan Kewarganegaraan dan cara  memperolehnya kembali. "Namun yang terjadi seiring berjalannya waktu, Dinamika yang terjadi jauh lebih cepat dari apa yang Undang-Undang atur, sehingga disini persoalan tidak lagi menjadi sederhana". Terang Kakanwil DKI Jakarta dalam sambutannya.

Pemaparan terkait Kewarganegaraaan ini dilakukan secara bergantian oleh 3 orang Narasumber yaitu Direktur Pencatatan Sipil Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Andi Kriarmoni); Kasubbit Status Kewarganegaraan (Delmati); dan Kadiv Yankumham (Baroto) yang dipandu oleh moderator Kabid Pelayanan Hukum (Nurhendro) dan dilanjutkan dengan diskusi antara peserta dengan narasumber.

2019 05 27 SOSIALISASI KEWARGANEGARAAN SWISS BELRESIDENCES 2 2019 05 27 SOSIALISASI KEWARGANEGARAAN SWISS BELRESIDENCES 3

Peserta dalam kegiatan ini berasal dari para perwakilan dari Kantor Imigrasi dan Rudenim DKI Jakarta, Dukcapil Pemda DKI, Peneliti pada Balitbang Hukum dan HAM dan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta yang membuat kegiatan sosialisasi ini menjadi interaktif.

2019 05 27 SOSIALISASI KEWARGANEGARAAN SWISS BELRESIDENCES 4 2019 05 27 SOSIALISASI KEWARGANEGARAAN SWISS BELRESIDENCES 5

(Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta).