Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

IMG 0500 Copyjakarta.kemenkumham.go.id - Selasa, 16/04/2019. Bertempat di Aula Lantai 4 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Cawang, Jakarta Timur. Divisi Keimigrasian Kanwil DKI Jakarta mengadakan Rapat Koordinasi Bidang Perijinan dan Informasi Keimigrasian dengan Tema, "Penguatan SDM Tentang Kode Etik Keimigrasian di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta".
Kepala Kantor Wilayah DKI Jakarta, Dr. Bambang Sumardiono berkesempatan hadir menyampaikan sambutan sekaligus membuka Kegiatan Rapat, dimana pada kesempatan itu Kepala Divisi Keimigrasian, Agus Widjaja selaku penanggung jawab kegiatan sekaligus menyampaikan laporannya.
Rapat dihadiri oleh Kepala Kantor Imigrasi (KaKanim) Klas I Jakarta Timur (Subki Miuldi), KaKanim Klas I Tanjung Priok (Asrul), Para Pejabat Struktural Divisi Keimigrasian, Para Perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian DKI Jakarta serta Para Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Divisi Keimigrasian Kanwil DKI Jakarta.
Narasumber dalam kegiatan ini Kasubag Kepegawaian Dirjen Imigrasi (Isman Jaya) yang mewakili Kepala Bagian Kepegawai Direktorat Jenderal Imigrasi, Dr. Menari Sitohang dari BKN dan dari Kantor Wilayah Bea Cukai DKI Jakarta (Aminuddin B).

WhatsApp Image 2019 04 16 at 09.37.541 WhatsApp Image 2019 04 16 at 09.37.55

(Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta).

2019 04 12 RDK DIVMIN 3jakarta.kemenkumham.go.id - Kamis (11/04/19), Bertempat di Aula Lantai 4 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil DKI Jakarta, Agus Widjaja membuka sekaligus sebagai Narasumber dalam Kegiatan Rapat Dalam Kantor (RDK) tentang "Apa manfaat pemindahan pengungsi, pencari suaka dan detenI di Wilayah Kerja Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta".  Acara dipandu oleh Moderator Kabid Inteldakim, Eko Punto serta dihadiri oleh Kepala Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Jakarta, Morina.

Dalam rapat ini beliau menjelaskan dasar hukum pemindahan pengungsi yaitu Undang Undang No.6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, Perpres No.31 tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang Undang No.6 tahun 2011 dan Perpres No.125 tahun 2016 yang mengatur tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri serta Dasar Perpindahan yang terdiri dari sepuluh alasan yaitu Memindahkan pemulangan atau penderportasian, Memudahkan untuk berhubungan dengan perwakilan Negaranya, Deteni dalam keadaan sakit (atas rujukan dokter ke rumah sakit tertentu), Melebihi kapasitas, Kepentingan keamanan, Penyatuan keluarga deteni, Hamil, Sakit, Anak dibawah umur dan Mendapat pengakuan status sebagai pengungsi ”.

Ditambahkan pula bahwa pada saat ini pemulangan sukarela semakin menurun sedangkan jumlah imigran terbanyak saat ini adalah Negara Afghanistan. Peserta Rapat Dalam Kantor di ikuti dari perwakilan UPT Jajaran Keimigrasian se DKI Jakarta, Pejabat Struktural Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Analis Keimigrasian dan Jabatan Fungsional Umum (JFU).

2019 04 12 RDK DIVMIN 2

2019 04 12 RDK DIVMIN 1

(Humas Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta).

 Study Visit SMAN 59 Di Kanim Jaktim

jakarta.kemenkumham.go.id, Jum’at (08/03/19)  Kantor Imigrasi kelas I Jakarta Timur mengundang   siswa/siswi SMA Negeri 59 Jakarta Timur yg berjumlah 40 orang dengan guru pendamping Maryani dan Yusnidar mengadakan study visit, kegiatan study visit untuk pertama kali terselenggara oleh kantor Imigrasi kelas I Jakarta Timur.

Rombongan siswa/siswi SMA Negeri 59 disambut oleh pejabat Struktural, pejabat adminstrasi, JFT, JFU dilingkungan kanim Jakarta Timur. Acara diawali dengan penyambutan tarian kinang kilaras yang dipersembahkan oleh Suku Dinas Pariwisata Jakarta Timur.

 Study Visit SMAN 59 Di Kanim Jaktim
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur Subki Miuldi menerima kedatangan rombongan SMA Negeri 59 di ruangan permohonan paspor dan menjelaskan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) tentang keimigrasian.
Rombongan study visit diarahkan berkeliling kesemua ruang pelayanan melihat tatacara pembuatan paspor, mulai dari permohonan, persyaratan dan proses penyelesaian, yang dipandu oleh JFT Lukman Hakim.
Kemudian rombongan SMA 59 mendapat pembekalan di seksi pengawasan dan penindakan keimigrasian yg di pandu oleh kasubsi Wasdakim Himawan Y Sugiyono bahwa tupoksi imigrasi tidak selalu identik dengan pembuatan paspor. Seksi pengawasan dan penindakan keimigrasian fungsinya memproses WNA yang Melakukan pelanggaran, pemalsuan dokumen, over stay  atau melebihi izin tinggal yang ditetapkan, dan warga  negara Indonesia yang menghilangkan/rusak dokumen Paspor RI, yang bersangkutan diproses melalui Berita Acara Pemeriksaan. Juga rombongan mendapat informasi  proses Permohonan Perpanjangan ijin tinggal, Izin Tinggal Terbatas (Itas), Izin Tinggal Tetap (Itap) dan Surat Keterangan Keimigrasian (Skim) bagi warga negara asing.
Terakhir rombongan SMA Negeri 59 di terima  diruang kerja Kepala Kantor Kelas I Imigrasi Jakarta Timur Subki Miuldi. Beliau menyampaikan bahwa Kantor Imigrasi tidak hanya melayani pembuatan Pasport RI, banyak hal yang dilakukan diantaranya Ijin tinggal dan pengawasan Orang Asing yang berada  Wilayah Indonesia, menjaga Wilayah Kedaulatan Negara, penggunaan teknologi ruang Server dan TPI di Bandara Halim Perdana Kusuma bagian Wilayah Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur.

Semoga kedatangan study visit SMA Negeri 59 dan guru pembimbing bermanfaat dan menambah wawasan untuk generasi penerus bangsa.

Study Visit SMAN 59 Di Kanim Jaktim

Study Visit SMAN 59 Di Kanim Jaktim

 Study Visit SMAN 59 Di Kanim Jaktim

 Study Visit SMAN 59 Di Kanim Jaktim

 Study Visit SMAN 59 Di Kanim Jaktim

Study Visit SMAN 59 Di Kanim Jaktim

Study Visit SMAN 59 Di Kanim Jaktim

Berita dan foto: Andri

 

2019 02 27 RDK Kanim Timur 4jakarta.kemenkumham.go.id - Rabu, 27 February 2019. Kantor Imigrasi (Kanim) Klas I TPI Jakarta Timur mengadakan Rapat Dalam Kantor (RDK) terkait Penguatan Jabatan Fungsional Analis Keimigrasian dan Pemeriksa Keimigrasian. Ini adalah kali pertama di tahun 2019 Kanim Timur mengadakan kegiatan RDK. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta (Bambang Sumardiono) berkesempatan membuka sekaligus memberikan sambutan dalam kegiatan RDK kali ini. Dalam sambutannya beliau berpesan dan mengingatkan, hendaknya dari tema pembahasan ini dapat tergali semua informasi yang berkaitan dengan Jabatan Fungsional Tertentu baik Analis Keimigrasian maupun Pemeriksaan Keimigrasian, atasan langsung serta pencapaian angka kredit.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur (Subki Miuldi) yang pada kesempatan ini memberikan sambutan laporan kegiatan, beserta para pejabat struktural Kanim Kelas I TPI Jakarta Timur. Sebagai Narasumber adalah Kepala Bagian Kepegawaian Sesdit Imigrasi (Surya Mataram) dan JFT Divisi Imigrasi Kantor Wilayah (Charles Sihite) yang menerangkan secara rinci kondisi aktual para JFT Analis dan Pemeriksa Keimigrasian, segala permasalahan, tantangan serta diterangkan pula secara rinci bagaimana fungsi pekerjaan seharusnya dilaksanakan.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan acara ramah tamah setelah jeda sholat magrib.

2019 02 27 RDK Kanim Timur 1

2019 02 27 RDK Kanim Timur 3

 

 

 

 

 Menkumham Kunjungi Layanan Imigrasi Mobile Kantor Walikota Jakbar

Kamis, 21 Ferbuari 2019, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly didampingi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Bambang Sumardiono dan Kepala Kanim Kelasi I Khusus Non TPI Jakarta Barat, Lukmasono melakukan kunjungan ke Kantor Kantor Walikota Jakarta Barat untuk melihat langsung pelayanan paspor dengan mengunakan mobil operasional pelayanan paspor yang hari ini beroperasi melayani masyarakat dilingkungan Kantor Walikota Jakarta Barat.

Kedatangan Menkumham di sambut langsung oleh Walikota Jakarta Barat Rustam Effendi berserta jajaran dalam kesempatan tersebut Menkumham berharap agar terobosan pelayanan paspor yang mendatangi masyarakat ini terus di tingkatkan dan menjadi contoh bagi Kantor Imigrasi lainnya di Wilayah DKI Jakarta, tunjukkan kepada masyarakat bahwa imigrasi mampu memberikan pelayanan terbaiknya.

Setelah melakukan pertemuan dengan Walikota Jakarta Barat Menteri Hukum dan HAM berserta Kepala Kantor Wilayah dan jajaran Kanim Khusus Kelas I No TPI Jakarta Barat melakukan Peninjauan dan berdialog dengan ASN Walikota Jakarta Barat yang sedang melaksanakan perpanjang atau pembuatan paspor di mobil layanan paspor tersebut.

Menkumham Kunjungi Layanan Imigrasi Mobile Kantor Walikota Jakbar

 Menkumham Kunjungi Layanan Imigrasi Mobile Kantor Walikota Jakbar

Berita dan foto:Tim Humas