Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 03 12 Kegiatan Yankum 2

2018 03 12 Kegiatan Yankum 1Jakarta.kemenkumham.go.id - Indikasi geografis merupakan suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang, yang karena faktor lingkungan geografis termasuk faktor alam, faktor manusia, atau kombinasi dari kedua faktor tersebut, dapat memberikan ciri dan kualitas tertentu pada barang yang dihasilkan.

Senin pagi (12/3/2018) Alpukat Cipedak, varietas tanaman dari Provinsi DKI Jakarta yang menjadi pokok bahasan dalam kegiatan Diseminasi Indikasi Geografis yang digelar di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta.

"Jenis Alpukat Cipedak ini dinilai memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dari daerah atau wilayah lain sehingga dapat dimaksukkan sebagai tanaman dalam nuansa indikasi geografis", demikian disampaikan kelompok Tani Alpukat.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Bidang Hukum, Sri Pertiwi Iriani ini bermaksud untuk memperoleh kesepahaman dan pemahaman yang utuh mengenai indikasi geografis. Untuk mencapai sasaran dimaksud, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta dalam hal ini Divisi Pelayanan Hukum menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI, sebagai moderator Kepala Subbid Pelayanan Hukum dan Kekayaan Intelekual, Bintang Octaviyani.

Adapun peserta yang hadir dalam diskusi diseminasi ini antara lain kelompok tani Alpukat Cipedak. Tidak hanya dari kelompok tani tapi kita mengundang instansi terkait dari Biro Hukum Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian, dan Jabatan Fungisonal Tertentu serta Fungsional Umum dilingkungan Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil DKI Jakarta.