Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 05 03 Imigrasi Goes to POLDA 7

Foto: Marina Harahap Kepala Bidang Lalulintas dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan saat menyampaikan paparan tentang pelayanan permohonan paspor di Aula Biro Sumber Daya Manusia Polda Metro Jaya (5/3).  

2018 05 03 Imigrasi Goes to POLDA 8Jakarta.kemenkumham.go.id - Kamis (5/3/2018) Jajaran Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan menggelar sosialisasi keimigrasian dengan program goes to Polda. Kegiatan ini bertujuan memberikan sosialisasi tentang pelayanan pembuatan paspor. Kegiatan yang digelar di Aula Biro Sumber Daya Manusia Polda Metro Jaya lantai dua yang berlokasi di jalan Jenderal Sudirman Kav.55 Jakarta Selatan di ikuti oleh Anggota Polri dan PNS Polri pada Kepolisian Daerah (POLDA) Metro Jaya. 

Saat pembukaan kegiatan sosialisasi ini tampak mendampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan Hamzah, Kabag Binkar Biro SDM Polda Metro Jaya AKBP Bastoni Purnama. Peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi tentang pelayanan keimigrasian terdiri dari berbagai divisi di lingkungan Kepolisian Daerah Metro DKI Jakarta. 

"Kegiatan ini kami lakukan sebagai sarana untuk membagikan pengetahuan tentang bagaimana alur pelayanan permohonan paspor di Kantor Imigrasi dan sebagai salah satu upaya menjalin koordinasi antar instansi," ungkap Hamzah Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan saat membuka kegiatan sosialisasi di Aula Biro SDM Polda Metro Jaya, Kamis (5/3/2018).

Menurutnya banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang apa saja pelayanan yang diberikan oleh Jajaran Imigrasi, Untuk itu pihaknya memberikan pengetahuan tentang imigrasi kepada berbagai instansi mulai dari tingkat sekolah, perguruan tinggi hingga kepada instansi pemerintah dalam bentuk sosialisasi.

"Sayangnya banyak yang tahu imigrasi hanyalah Kantor untuk membuat paspor, padahal masih banyak lagi fungsi dan tugasnya," tambahnya.

2018 05 03 Imigrasi Goes to POLDA 4 2018 05 03 Imigrasi Goes to POLDA 1

Foto: Diskusi antara peserta (anggota polisi) dengan narasumber dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan usai penyampaian materi tentang pelayanan permohonan paspor di Aula Biro SDM Polda Metro Jaya (5/3).

Kepala Bidang Lalulintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan yang akrab disapa Marina Harahap menjelaskan ada hal yang lebih penting lagi dari tugas intansinya ini selain pelayanan permohonan paspor, yakni pengawasan warga negara asing (WNA).

Pengawasan Warga negara asing yang masuk dan keluar Indonesia, terlebih di Jakarta memiliki banyak pintu gerbang bagi warga negara asing untuk dapat masuk ke wilayah Indonesia dalam hal ini Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Mereka dapat masuk melalui Bandara Soekarno Hatta, Bandara Halim Perdana Kusuma, Pelabuhan Tanjung Priok dan sekarang di tambah dengan Pelabuhan Marina Ancol yang baru saja diresmikan.

"Jadi jelas imigrasi memiliki peranan penting dalam menjaga kedaulatan negara republik Indonesia, untuk itu diharapkan dengan kegiatan sosialisasi ini tidak hanya pesan pengetahuan saja yang sampai tetapi kita dapat menjalin kerjasama dan koordinasi antara Kepolisian Daerah Metro Jaya dengan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan" ungkap Marina Harahap.

Di kesempatan yang sama, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan juga membuka layanan permohonan paspor kepada para Polisi dan PNS Polri yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini dengan kuota sebanyak seratus permohonan pembuatan paspor (5/3). 

2018 05 03 Imigrasi Goes to POLDA 2 2018 05 03 Imigrasi Goes to POLDA 3

Foto: Saat petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan sedang melayani permohonan paspor kepada anggota Polri di Aula Biro Sumber Daya Manusia Polda Metro Jaya (5/3).