Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 05 08 Rudenim di aston cengkareng 2Jakarta.kemenkumham.go.id - Selasa (8/5/2018) Pemerintah Indonesia dalam menangani para pencari suaka atau pengungsi tidak hanya masalah imigrasi atau Rumah Deteni Imigrasi saja, namun menjadi tugas kita bersama dalam menanganinya.

"Selama ini, Jajaran imigrasi telah menyikapi dengan melakukan langkah-langkah dalam menangani para pengungsi atau pencari suaka di Indonesia khususnya di Wilayah Kalideres, Kota Jakarta Barat. Tepatnya mereka yang bermukim di depan Kantor Rumah Deteni Imigrasi Jakarta" ungkap Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta saat membuka kegiatan penguatan pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016 tentang penanganan pengungsi dari luar negeri, Selasa (8/5).

"Namun saat ini, berdasarkan Perpres, sudah dibentuk koordinasi dan fungsi yang jelas, atas kewenangan masing-masing dalam menangani keberadaan pengungsi," lanjutnya.

Yang terpenting dari Perpres tersebut ialah implementasi yang sangat terkait dengan pemahaman dan kemampuan aparat di lapangan untuk menjalankannya. Selama ini, dalam penanganan pengungsi dan pencari suaka, mereka kerap kali dipandang negatif sebagai imigran gelap atau ilegal.

2018 05 08 Rudenim di aston cengkareng 4

"Yang dibutuhkan kemudian adalah semua instansi pemerintah terkait harus pula mengadopsi definisi yang sama dalam peraturan-peraturan yang dikeluarkan sehingga dapat bersama-sama dalam menangani para pengungsi dan pencari suaka tersebut sesuai dengan tugas dan fungsi serta kewenangannya," ujar Agus Widjaja, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta saat memberikan paparan tentang pencari suaka dan pengungsi.

2018 05 08 Rudenim di aston cengkareng 3Lebih lanjut, Agus Widjaja menegaskan bahwa "Jangan sampai dengan banyaknya pengungsi yang masuk ke Indonesia serta sedikitnya kesempatan untuk mendapatkan resettlement menyebabkan konsentrasi keberadaan pengungsi di Wilayah Indonesia semakin bertambah".

"Perpres juga harus dijalankan sesuai dengan Protokolnya untuk memenuhi dan menjamin hak-hak pencari suaka atau pengungsi di Indonesia," tegas Agus Widjaja.

Untuk itu agar semua berjalan dengan efektif, Rumah Deteni Imigrasi Jakarta acap kali selalu melakukan pertemuan-pertemuan yang menyoroti betul tentang penanganan para pencari suaka dan pengungsi tersebut, dengan melakukan diseminasi dan sosialisasi lebih lanjut tentang Perpres ini ke instansi terkait dalam hal ini Pemerintah daerah.

Hal ini penting agar Pemerintah Provinsi dan segenap Forum Komunikasi Daerah dapat membuka diri untuk dapat memberikan penanganan pengungsi secara bersama-sama dengan jajaran imigrasi.

2018 05 08 Rudenim di aston cengkareng 1

Foto: Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta Bambang Sumardiono bersama para peserta rapat penguatan pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016 tentang penanganan pengungsi.