Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 06 01 Upacara Pancasila 3Jakarta.kemenkumham.go.id - Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila, Dasar negara yang menjadi pemersatu bangsa dari Sabang sampai Merauke. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh ditengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika yang akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia. 

Walaupun tanggal 01 Juni telah dinyatakan sebagai hari libur Nasional, Namun seluruh Aparatur Sipil Negara, TNI dan Polri semuanya wajib mengikuti Upacara Peringatan Hari lahirnya Pancasila di masing-masing instansi tidak terkecuali Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta yang menggelar Upacara Peringatan hari Lahirnya Pancasila di Lapangan Parkir yang berlokasi di Jalan MT. Haryono No.24 Cawang Jakarta Timur.  

Upacara yang digelar di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta diikuti oleh Seluruh Pegawai, Pejabat dan para CPNS pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM  DKI Jakarta dan BHP Jakarta. Tahun ini Peringatan hari lahirnya Pancasila mengangkat tema yang bertajuk "Bersatu, Berbagi dan Berprestasi."

2018 06 01 Upacara Pancasila 4

Upacara yang dipimpin oleh Bambang Sumardiono selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta menyampaikan pesan yang termuat dalam Sambutan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila "Menjadi tugas dan tanggungjawab kita untuk memastikan bahwa pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya."

"Peringatan hari lahir pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus kita manfaatkan sebagai momenpengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila" tambahnya.

"Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia. Semangat membara diseluruh lapisan masyarakat dalam mendukung dan mensukseskan Asian Games, Saya yakin semangat berprestasi itu telah menggelora untuk mengibarkan bendera merah putih di ajang perhelatan pertandingan olahraga akbar yakni Asian Games yang di gelar di Jakarta dan Palembang" Pungkas Inspektur upacara Bambang Sumardiono pada upacara peringatan hari lahirnya Pancasila (1/6/2018).

Usai peringatan hari lahir Pancasila, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta melanjutkan kegiatan dengan pelaksanaan Ujian bagi para Cpns yang telah mengikuti Latihan Dasar (LATSAR).

2018 06 01 Upacara Pancasila 1 2018 06 01 Upacara Pancasila 5

Foto: Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pancasila di Lapangan Parkir Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta bersama CPNS, Jum'at (5/6/2018)