Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 06 12 Persiapan KunjunganJakarta.kemenkumham.go.id - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil DKI Jakarta Arpan, Selasa (12/6/2018) pada libur cuti bersama menjelang lebaran secara intesif memantau persiapan pelaksanaan pelayanan kunjungan pada saat Hari Raya Idul Fitri 1429H Tahun 2018 di semua Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan wilayah kerja Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Bambang Sumardiono rencananya akan menghadiri upacara pemberian Remisi Hari Raya Idul Fitri 1439H yang dipusatkan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba.

Remisi diberikan kepada narapidana yang memenuhi syarat, Untuk sementara ini jumlah narapidana yang mendapatkan remisi sejumlah 3.399 orang, dan ini masih bisa bertambah" Ungkap Kadivpas yang akrab disapa Arpan.

"Remisi yang diberikan mulai potongan masa tahanan 15 hari hingga 2 bulan, Para Narapidana yang mendapatkan Remisi Khusus (RK) Hari Raya Idul Fitri kebanyakan narapidana kasus kriminal tindak pidana ringan, kasus narkotika, dan berbagai kasus lainnya" Ungkap Kadivpas.

Kadivpas menyebutkan, "Para narapidana yang mendapatkan Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1439H, berasal dari Lapas dan Rutan yang tersebar di wilayah kerja Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Pemberian surat keputusan remisi khusus akan diberikan secara simbolis kepada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Salemba, bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1439H usai pelaksanaan Sholat Ied mendatang. Dengan data sebagai berikut jumlah Remisi Khusus (RK2) langsung bebas sementara berjumlah 64 orang, dan (RK1) berjumlah 3.335 orang. 

Dalam tinjauan Kepala Divisi Pemasyarakatan, persiapan layanan kunjungan menjadi konsen yang utama agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, pengecekan mulai dari kesiapan personil hingga fasilitas layanan kunjungannya.

2018 06 12 Persiapan Kunjungan2"Di setiap Lapas telah disediakan tenda ukuran besar guna menampung atau memfasilitasi para pengunjung, yang tak kalah pentingnya dan mutlak dibutuhkan adalah Petugas Pengamanan yang mampu menjaga keamanan dan ketertiban selama Perayaan Hari Raya Idul Fitri berlangsung," demikian ditekankan Arpan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil DKI Jakarta kepada para petugas.

"Ia juga menyampaikan kepada para petugas untuk dapat bersikap ramah dan sopan dengan para pengunjung. Menjunjung tinggi sikap profesionalisme serta waspada terhadap berbagai kondisi dan berbagai kemungkinan. Selalu berkoordinasi dengan pihak eksternal baik Kepolisian maupun instansi lainnya yang terlibat dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1439H dilingkungan Lapas dan Rutan di wilayah DKI Jakarta" pungkasnya.