Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 10 10 KADER HAM SMA 2

jakarta.kemenkumham.go.id, Rabu (10/10/2018) - Bertempat di Aula lantai 4 Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DKI, berlangsung Kegiatan Kader HAM Bagi Pelajar di Sekolah Menengah Atas Wilayah DKI Jakarta. Dengan Tema "Segenggam Hak Asasi Manusia Bagi Pelajar" bertujuan memberikan pemahaman kepada pelajar bagaimana memaknai dan memahami tentang HAM itu sendiri serta membentuk kader HAM di sekolah melalui pengurus OSIS. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Baroto) dan sekaligus bertindak sebagai narasumber, didampingi Kepala Bidang HAM (Safatil Firdaus) sebagai moderator acara. Kegiatan ini berguna untuk menggali sejauh mana pengetahuan para pelajar memgenai HAM, dan diharapkan nantinya para pelajar ini dapat menjadi penyampai (kader) HAM kepada lingkungannya nanti. Kegiatan dihadiri perwakilan pelajar dari 15 Sekolah Menengah Atas di Jakarta.

2018 10 10 KADER HAM SMA 3

2018 10 10 KADER HAM SMA 6

Pak Baroto sebagai narasumber memaparkan pemahamam tentang HAM, dimana Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) adalah hak-hak dasar yang dimiliki setiap pribadi manusia sebagai anugerah Tuhan yang dibawa sejak lahir, Dari pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) dapat disimpulkan bahwa sebagai anugerah dari Tuhan terhadap makhluknya, hak asasi tidak boleh dijauhkan atau dipisahkan dari eksistensi pribadi individu atau manusia tersebut. Beliau menambahkan bahwa Hak Asasi yang dimiliki satu individu/orang juga dimiliki oleh orang lainnya pula, sehingga harus disadari bahwa hak-hak asasi kita selalu berbatasan dengan hak-hak asasi orang lain.

2018 10 10 KADER HAM SMA 7

2018 10 10 KADER HAM SMA 1

Setelah materi disampaikan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimana saat diberikan kesempatan, peserta cukup antusias bertanya dan memberikan ide serta pendapatnya sehingga cukup banyak yang dibahas dalam sesi ini.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian Piagam Kader HAM oleh Pak Baroto dan Pak Firdaus. Nantinya kegiatan ini tidak hanya sampai disini tapi akan terus berkesinambungan dalam membentuk kader-kader HAM disetiap sekolah.