Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 11 06 Sosialisasi SISUMAKER 3

jakarta.kemenkumham.go.id -  Bahwa dalam rangka mendukung program kegiatan Pemerintah Republik Indonesia serta dalam rangka mendukung program kerja Menteri Hukum dan HAM RI “e-gov pasti nyata” sehingga diperlukan perencanaan berupa pengembangan Teknologi Informasi dan PemanfaatanTeknologi Informasi dalam proses pemerintahan (e-Government) atau yang biasa disebut e-Gov. Maka sejalan dengan hal tersebut, dalam aspek pengelolaan persuratan diperlukan adanya upaya perbaikan sehingga tata kelola arsip Surat Masuk dan Surat Keluar dapat dilakukan berbasis elektronik. Dimana hal tersebut dilakukan guna pemantauan terhadap keberadaan suatu surat untuk ditindaklanjuti secara efektif dan efisien serta menuju paper less.

2018 11 06 Sosialisasi SISUMAKER 4

Penerapan aplikasi Sisumaker juga sejalan dengan penerapan e-Gov yang sedang digelorakan Kementerian Hukum dan HAM RI untuk menuju “good governance”, sehingga meningkatkan pelayanan dan pengelolaan kearsipan di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta. Agar tercipta suatu sistem pengelolaan arsip secara tepat, tertib, efisien sesuai dengan norma dan kaidah kerasipan. Selasa (06/11/2018), Bertempat di aula lantai 4 Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Kepala Bagian Umum (A. Fauzi) yang pada kesempatan ini mewakili Kepala Divisi Administrasi bersama Kasubbag Kepegawain membuka kegiatan Rapat Sosialisasi Tentang Penggunaan Sistem Informasi Surat Masuk Dan Surat Keluar (SISUMAKER) dilingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Hadir dalam kegiatan Rapat Sosialisasi ini, para operator dan pejabat struktural yang ditunjuk sebagai pengelola Sistem Informasi Surat Masuk Dan Surat Keluar (SISUMAKER) untuk masing-masing UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi di wilayah DKI Jakarta. Kegiatan ini juga didatangkan narasumber dari PUSDATIN (Pusat Data Dan Informasi) Kementerian Hukum Dan HAM, Pejabat Fungsional Tertentu Rancangan Komunikasi (Ari Susandi). 

2018 11 06 Sosialisasi SISUMAKER 2 2018 11 06 Sosialisasi SISUMAKER 1

Tujuan dilaksanakan kegiatan sosialisasi ini adalah :

1. Penyelenggaraan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Sisumaker bertujuan agar para peserta mampu mengelola surat masuk dan surat keluar secara elektronik.

2. Penyelenggaraan Sosialisasi Penggunaan Sisumaker sebagai upaya perbaikan dalam tata kelola arsip surat masuk dan surat keluar yang dilakukan berbasis elektronik guna meningkatkan pelayanan dan pengelolaan kearsipan.

Diharapkan dengan adanya rapat sosialisasi ini, semua UPT dilingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dapat saling berintegritas dalam persoalan penyuratan surat dinas dan tidak ada lagi masalah terkait keterlambatan penyuratan dinas. Sebab Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta mendukung penuh progam e-Government Kementerian Hukum dan HAM RI, agar sistem pengelolaan arsip secara tepat, tertib dan efisien dapat terlaksana dengan baik dilingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.