Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2018 12 03 Kesamaptaan 10jakarta.kemenkumham.go.id - Setelah dinyatakan lulus pada seleksi kompetensi dasar yang menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test), para peserta CPNS dengan formasi penjaga tahanan yang akan ditempatkan pada Rumah Deteni Imigrasi ini melanjutkan tahapan tesnya yaitu dengan Seleksi Kompetensi Bidang yakni, tes Kesamaptaan.

Senin (3/12/2018) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta pagi ini menggelar tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Kesamaptaan pada penerimaan CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2018 di Lapangan Danu Setiawan. Lapangan Danu Setiawan ini berlokasi di Komplek Dwikora Halim Perdana Kusuma, jalan Marsma Hadi Halim Jakarta Timur.

Kegiatan ini berlangsung atas kerjasama Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta yang bekerja sama dengan pihak TNI angkatan Udara Halim Perdana Kusuma dalam menguji kesamaptaan. Para peserta seleksi ini melaksanakan tes samapta meliputi tes samapta A yaitu lari selama 12 menit, kemudian samapta B yang terdiri dari push up, sit up, pull up dan shuttle run.

Dimana hal tersebut merupakan tahapan seleksi yang wajib diikuti oleh pelamar dengan kualifikasi SLTA untuk memenuhi formasi Penjaga Tahanan. Dari jumlah total peserta yang terdaftar mengikuti tes seleksi kesamaptaan sebanyak 75 orang sesuai dengan 3 kali kuota, namun lima orang tidak hadir untuk mengikuti tes kesamaptaan hari ini jadi total yang mengikuti seleksi hari ini sebanyak tujuh puluh orang.

2018 12 03 Kesamaptaan 1Pelaksanaan kegiatan kesamaptaan ini dilaksanakan selama satu hari yang dimulai pada pukul 07.00 WIB. Sebelum memulai kegiatan seleksi ini para penguji memberikan pemanasan kepada para calon peserta. Dan tim kesehatan dokter dari Pihak Kementerian Hukum dan HAM mengecek terlebih dahulu tensi darah para peserta seleksi sebelum melakukan tes kesamaptaan ini agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Dalam kegiatan ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta Bambang Sumardiono, tampak meninjau langsung tempat pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Bidang tersebut dengan didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Arpan dan Kepala Divisi Administrasi Nuni Suryani bersama Kepala Bagian Umum A.Fauzi dan Kepala Bagian Program dan Pelaporan Sardi.

2018 12 03 Kesamaptaan 6 2018 12 03 Kesamaptaan 7
2018 12 03 Kesamaptaan 8 2018 12 03 Kesamaptaan 9

Foto : Tampak para peserta seleksi sedang melaksanakan Kegiatan Tes Kesamaptaan mulai dari lari, pull up, sit up, push up dan shuttle run di Lapangan Danu Setiawan Halim Perdana Kusuma (3/12).

Untuk mewujudkan penerimaan pelaksanaan CPNS Kemenkumham yang transparan maka dalam kegiatan ini juga hadir Tim dari Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia sebagai pengawas jalannya Tes Seleksi Kompetensi Bidang dan melibatkan TNI Angkata Udara sebagai Penguji dan Pemberi Nilai pada Tes ini.

2018 12 03 Kesamaptaan 5Tampak satu orang peserta wanita yang mengalami kelelahan saat melaksanakan uji kesamaptaan ini, Namun tim kesehatan dari Rumah Sakit Pengayoman Cipinang Kementerian Hukum dan HAM dengan sigap menangani peserta yang kelelahan tersebut.  

Sebelumnya tim penguji dari Pihak TNI Angkatan Udara berpesan kepada seluruh peserta seleksi untuk mengedepankan faktor kesehatan. "Jangan memaksakan diri, supaya dapat melalui tes dengan baik, lancar serta mendapatkan hasil yang maksimal," ujarnya.