Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2019 01 18 Sidak Rutan Salemba 1

jakarta.kemenkumham.go.id - Jumat (18/1/2018) Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta malam ini tiba-tiba menyambangi Rutan Kelas I Jakarta Pusat yang berlokasi di Jalan Percetakan Negara, Salemba, Jakarta Pusat.

Inspeksi mendadak (sidak) kali ini merupakan komitmen dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Khususnya Kantor Wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta dalam rangka Pemberantasan, Penggunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Dalam kegiatan ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Bambang Sumardiono sendiri yang memimpin sidak dengan didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Arpan.

"Upaya semacam ini merupakan bentuk keseriusan kami dalam rangka pencegahan dan peredaran narkoba di dalam Lapas dan Rutan yang rutin dilakukan dengan waktu yang tiba-tiba (mendadak)"ungkap Kepala Divisi Pemasyarakatan Arpan.

"Petugas keamanan yang akan berjaga malam ini pun tak luput dari penggeledahan tim satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta guna mensterilkan petugas jaga yang akan berjaga di dalam kawasan blok hunian warga binaan pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara Kelas Kelas I Jakarta Pusat, Salemba.

"Inilah wujud dari komitmen Kementerian Hukum dan HAM khususnya Kantor Wilayah DKI Jakarta dalam mencegah peredaran narkoba di lingkungan lapas dan rutan se DKI Jakarta" ungkap Bambang Sumardiono Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Hasil sidak kali ini, petugas menemukan barang-barang yang tidak diperbolehkan berada di dalam blok hunian Rutan Jakarta Pusat. Tidak hanya itu, petugas juga menemukan beberapa senjata tajam berupa pisau buatan, cutter, dll. Dari hari sidak malam ini, petugas menyita beberapa barang milik warga binaan, antara lain alat charge telp genggam, alat cukur, obeng, dan kompor.

"Hari ini bukan hari pertama kita lakukan penggeledahan. Penggeledahan seperti ini setiap saat kita laksanakan namun tetap saja ditemukan adanya alat charge, hp, dll. Bahkan sampai ada senjata tajam seperti cutter seperti yang kita lihat," ungkap Kepala Divisi Pemasyarakatan DKI Jakarta, Arpan, saat sidak di Rumah Tahanan Negara Kelas I Jakarta Pusat, Jumat (18/1).

"Jika ada petugas yang terlibat, dan terbukti menyalahgunakan kewenangannya untuk melakukan hal yang tidak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) maka kami pasti akan tindak tegas. Namun untuk itu kita perlu memiliki bukti untuk bertindak," tambahnya.

2019 01 18 Sidak Rutan Salemba 2 2019 01 18 Sidak Rutan Salemba 3
   

foto: Petugas Jaga Malam yang digeledah oleh tim satgas Kamtib Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta guna mensterilkan petugas yang akan berjaga di blok hunian warga binaan pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara Kelas Kelas I Jakarta Pusat, Salemba (18/1).