Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

ID EN

2019 03 13 Kegiatan Ham di walikota selatan 4jakarta.kemenkumham.go.id - Rabu (13/3/2019), Kota Peduli HAM adalah upaya dari satu Pemerintahan Daerah Kabupaten/kota untuk meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia. Dilatarbelakangi hal itulah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta yang diwakili oleh Baroto Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil DKI Jakarta mengikuti rapat koordinasi yang dilaksanakan di ruang rapat Walikota jakarta selatan.

Dilaksanakannya rapat koordinasi ini dalam rangka peningkatan dan pembinaan Kota Peduli Ham sekaligus sebagai sarana evaluasi hasil penilaian tahun 2017 dan 2018 pada wilayah Kota administrasi Jakarta selatan. 

Hadir sebagai Narasumber dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Ham Baroto, yang didampingi oleh Kasubid Pemajuan Ham Lusia Wahyuniati, dan Kasubdit Kerjasama dalam negeri Wilayah I Direktorat Jenderal HAM Ruth Marshinta. Dalam rapat koordinasi ini di pimpin oleh Asisten Pemerintahan Mahludin yang dihadiri oleh perwakilan dari PLN, PAM Jaya, Polres Jaksel, dan Dinas terkait.

Pada kesempatan tersebut disampaikan hasil evaluasi  penilaian berdasarkan indikator yang telah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM No.34/2016 tentang Penilaian Kabupaten Kota Peduli HAM.

Tujuan dari kegiatan ini memfokuskan kepada evaluasi dan mencari solusi atas penilaian masing-masing indikator yang masih kurang agar dapat ditingkatkan untuk kedepannya mendapatkan nilai yang lebih baik lagi khususnya pada beberapa Hak dasar yang mendapatkan rapor merah.

Dalam akhir paparannya Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil DKI Jakarta menyampaikan "Agar data yang disampaikan kepada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta merujuk pada data dua tahun terakhir sebagai perbandingan sehingga tidak terjadi kesalahan yang berakibat kepada turunnya penilaian ditahun 2019".

"Karena inti dari pelaporan penilaian Kabupaten/Kota Peduli Ham hanyalah persoalan data yang harus terdokumentasikan dengan baik" lengkapnya.

2019 03 13 Kegiatan Ham di walikota selatan 2 2019 03 13 Kegiatan Ham di walikota selatan 3