Binta Mental Dan Etos Kerja Bekali Implementasi Nilai Pancasila dan Nasionalisme

2021 07 07 Bina Mental

Jakarta, 7 Juli 2021, Bina Mental dan Etos Kerja Pegawai dilaksanakan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM melalui saluran teleconference diikuti oleh 40 orang peserta dari Kelas C angkatan 3, petugas jaga dari Lapas, Rutan, RSU Pengayoman Cipinang DKI Jakarta. Sebagai pengajar adalah Pembimbing Kemasyarkatan Madya Ayu Pataprilia, S.Psi., M.Si. pada Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Dalam kegiatan ini, PK Madya Ayu Pataprilia menjelaskan bahwa ASN Pancasilais bukan sekedar wawasan saja, tapi kita harus aktualisasi diri sesuai dengan sila dalam Pancasila. Setiap ASN diharapkan memiliki orientasi untuk kepentingan publik bangsa dan negara tidak hanya mementingkan kepentingan pribadi atau golongan.

Pancasilais dan Nasionalisme sangat penting dimiliki oleh setiap pegawai ASN. Bahkan tidak sekedar wawasan saja tetapi kemampuan mengaktualisasikan sifat Pancasilais dan Nasionalisme dalam menjalankan fungsi dan tugasnya merupakan hal yang lebih penting. Diharapkan dengan Pacasilais dan Nasionalisme yang kuat, maka setiap pegawai ASN memiliki orientasi berpikir mementingkan kepentingan publik, bangsa dan negara.

Pengawai ASN harus memahami dan mampu mengaktualisasikan Pancasila dan semangat Nasionalisme serta wawasan kebangsaan dalam setiap pelaksanaan fungsi dan tugasnya sesuai bidangnya masing-masing.

Untuk lebih meningkatkan pemahaman, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi implementasi dari nilai-nilai Pancasila dalam pelaksanaan tugas dan fungsi yang telah dilaksanakan oleh pegawai di satuan kerja masing-masing. 


Print   Email