Competence and Personality Development Training Officer , Equity Share Service Improvement in South Jakarta Immigration

 2016 08 19 Pelatihan Pegawai Kanim Jaksel 1
 
Pelatihan_Pegawai_Kanim_Jaksel-2
 
Salah satu strategi Imigrasi Jakarta Selatan dalam meningkatkan pelayanan publik pada jajarannya yaitu melalui pelatihan pengembangan kompetensi bagi seluruh pegawainya. Strategi ini dinilai cukup berhasil karena unsur SDM dengan kompetensi yang berkembang merupakan modal awal bagi sebuah organisasi dalam meningkatkan pelayanan sesuai dengan tuntutan masyarakat.
Sebagai contoh bentuk peningkatan pelayanan yang dapat di rasakan langsung oleh masyarakat yaitu melalui early morning passport service yang telah digagas oleh Imigrasi Jakarta Selatan dimana pelayanan paspor yang biasanya dibuka pada pukul 08.00 dilakukan lebih awal yaitu pukul 06.00 WIB. Program Early Morning Passport Service ini dilakukan 2x dalam seminggu yaitu hari Selasa dan Jumat.
Pelatihan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Cucu Koswala ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 19 Agustus 2016 s.d. 21 Agustus 2016 di Hotel Mambruk Anyer, Serang, Banten.
Dalam laporannya, Cucu menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini diantaranya :
1. Meningkatkan wawasan kepada pegawai tentang konspe dan aplikasi kompetensi dan kepribadian yang harus dimiliki yaitu penampilan, wawasan, dan attitude,
2. Memberikan tambahan wawasan kompetensi dalam leadership, strategic thinking dan customer service oriented dan problem solving,
3. Meningkatkan kerjasama tim dengan memberikan materi mengenai team building dengan simulasi-simulasi yang mempererat kerjasama antar pegawai,
4. Meningkatkan keahlian dibidang interpersonal skill.
 
Pelatihan_Pegawai_Kanim_Jaksel-3 Pelatihan_Pegawai_Kanim_Jaksel-4
Kemudian setelah penyampaian laporan, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah, Endang Sudirman. Endang menghimbau kepada seluruh pegawai dengan adanya pelatihan ini agar berfokus kepada 3 hal, yaitu membangun kepribadian, pola pikir dan kompetensi, merubah organisasi ke arah yang lebih baik dan membangun disiplin mulai dari diri sendiri.
“Saya menghimbau kepada seluruh pegawai dengan pelaksanaan pelatihan ini agar kita semua mempunyai sikap yang service oriented, ramah dan pekerja keras serta solid dalam bekerja sama”, Kata Endang.
Sebagai trainer kegiatan ini yaitu Andra Donata, Internal Trainer Kubik Training Mentor, Trainers Mentoring Program Internal Coach, Kubik Coaching Team Autor of “Sukses Mulia is My Life” book.
 
Pelatihan_Pegawai_Kanim_Jaksel-5

Print   Email