Gerakan Empati Layanan Paspor, Imigrasi Tanjung Priok Berikan Souvenir Kepada Pemohon Paspor

2016 10 17 Gerakan Empati Paspor Priok 00
 
Gerakan_Empati_Paspor_Priok-01
 
2016 10 17 Gerakan Empati Paspor Priok 02
 
"Senyum, Salam dan Sapa" menjadi kunci pelayanan kepada masyarakat yang melakukan permohonan paspor pada Imigrasi Tanjung Priok. Hari ini Senin (17/10) seluruh pegawai Imigrasi Tanjung Priok melakukan Gerakan Empati Layanan Paspor, dimana gerakan empati ini juga dilakukan di seluruh Kantor Imigrasi dan Rumah Detensi Imigrasi di seluruh Indonesia. Hari ini seluruh pegawai tidak mengenakan seragam pelayanan seperti biasanya, melainkan mengenakan baju adat betawi dengan tujuan agar lebih dekat dan bersahabat kepada masyarakat yang melakukan permohonan pelayanan paspor.
2016 10 17 Gerakan Empati Paspor Priok 04 Gerakan_Empati_Paspor_Priok-05
 Kegiatan ini di lakukan serentak dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemenkumham (Hari Dharma Karyadhika). Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sebagai induk dari Unit Pelaksana Teknis seperti Imigrasi Tanjung Priok dalam rangka ulang tahun Kemenkumham juga terus melakukan upaya-upaya peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat. Banyak inovasi-inovasi yang telah diluncurkan seperti :
1. Gerakan serentak empati layanan paspor,
Pelayanan yang diawali dengan senyum, salam, sapa dan penampilan petugas pelayanan dengan mengenakan pakaian daerah serta memberikan bunga bagi pemohon paspor.
2. 24 Hours Immediate Response Passport Service,
Yaitu layanan penerbitan paspor selama 24 jam sehari yang dilaksanakan di bandara Soekarno-Hatta bagi warga negara Indonesia yang mendadak harus pergi ke luar negeri.
3. Aplikasi Sistem Informasi Bimbingan Mandiri Online (SIBIMO),
Klien pemasyarakatan diberikan akses kemudahan untuk melaporkan diri, keberadaan dan kegiatannya ke Balai Pemasyarakatan secara online system tanpa harus hadir secara fisik.
4. Layanan Laporan Bulanan Notaris Online,
Penyampaian laporan menggunakan media internet dengan format yang telah ditetapkan sehingga diperoleh keseragaman dalam penyampaian laporan.
5. Aplikasi Manajemen Data Kewarganegaraan,
Dokumen pemohon yang sudah dalam bentuk digital akan lebih mudah untuk dikelola dan diakses sehingga menjamin kepastian waktu pemrosesan sekaligus pemohon dapat mengetahui sudah sampai mana tahapan proses yang sudah dilalui.
6. Aplikasi Digitalisasi Arsip Pendaftaran Jaminan Fidusia,
Aplikasi yang digunakan untuk proses dokumentasi dan penataan sertifikat fidusia beserta berkas dokumen secara elektronik sehingga proses operasional dalam melakukan pencarian, pengembalian dan keperluan lainnya dapat dilakukan secara mudah dan tersistem tanpa melakukan proses secara manual.
7. Pencanangan Program Pembentukan dan Pembinaan Sekolah Sadar Hukum.
Selanjutnya akan ditetapkan sekolah binaan yang akan dibina melalui berbagai penyuluhan hukum, temu sadar hukum, simulasi yang dilakukan oleh berbagai pihak antara lain dari kepolisian, badan narkotika nasional dan komisi perlindungan anak terkait permasalahan pelanggaran lalu lintas, penyalahgunaan narkotika dan kekerasan dikalangan pelajar.

2016 10 17 Gerakan Empati Paspor Priok 06

Kepala Imigrasi Tanjung Priok, Zahlul Siregar sedang diwawancara oleh rekan media

Gerakan_Empati_Paspor_Priok-07

Kepala Imigrasi Tanjung Priok, Zahlul Siregar sedang diwawancara oleh rekan media

Gerakan_Empati_Paspor_Priok-10

Kepala Imigrasi Tanjung Priok, Zahlul Siregar sedang diwawancara oleh rekan media

Gerakan_Empati_Paspor_Priok-15

Salah satu pengunjung yang diwawancarai oleh rekan media untuk mendapatkan testimoni pelayanan Imigrasi Tanjung Priok

Imigrasi Tanjung Priok yang turut mencanangkan Gerakan Empati ini melakukan kegiatan yang unik, yaitu memberikan apresiasi kepada pemohon paspor berupa souvenir sebagai peningkatan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pada Imigrasi Tanjung Priok.
Hal ini juga dilakukan oleh Kantor-kantor Imigrasi di Wilayah DKI Jakarta.
Tidak hanya gerakan empati, dalam rangka peningkatan pelayanan dan penegakan hukum Keimigrasian menyambut Ulang Tahun Kemenkumham, Imirasi Tanjung Priok melakukan upaya-upaya sebagai berikut :
1. Pelayanan yang diawali Senyum, Salam, Sapa dan penampilan petugas dengan mengenakan pakaian adat Betawi,
2. Kegiatan Operasi Pengawasan orang asing Serentak tanggal 27 Oktober 2016,
3. Memberikan kenyamanan dalam pengurusan Paspor dengan diberikan snack / permen dan minuman,
4. Memberikan apresiasi kepada pemohon paspor dengan memberikan souvenir.
2016 10 17 Gerakan Empati Paspor Priok 14 2016 10 17 Gerakan Empati Paspor Priok 08
Gerakan_Empati_Paspor_Priok-09 Gerakan_Empati_Paspor_Priok-11
Gerakan_Empati_Paspor_Priok-12 Gerakan_Empati_Paspor_Priok-13
Seluruh Pegawai Imigrasi Tanjung Priok Mengenakan Pakaian Adat Betawi
 
Ada juga peningkatan pelayanan yang sudah dilakukan oleh Imigrasi Tanjung Priok sejak Juni 2016 yaitu Early Morning Passport Service (Layanan Paspor Lebih Awal) dimana jam pelayanan paspor dibuka lebih pagi yaitu jam 6 setiap hari selasa dan jumat, dengan harapan masyarakat dapat memperoleh pilihan waktu yang tepat sesuai dengan kondisinya untuk memperoleh pelayanan paspor.
Inovasi-inovasi yang dikeluarkan oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dan jajaran Unit Pelaksana Teknis merupakan semangat dari seluruh pegawai guna memperoleh kepuasan pelayanan dari masyarakat. Dengan mengambil tema Ultah Kemenkumham "Pelayanan dan Penegakan Hukum PASTI Nyata", maka banyak dilakukan peningkatan pelayanan melalui inovasi tersebut.
Karena seiring puasnya masyarakat terhadap pelayanan Kemenkumham, seiring hal tersebut pula gambaran kinerja Kemenkumham terlihat, khususnya di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dan Kantor Imigrasi Tanjung Priok.
 
2016 10 17 Gerakan Empati Paspor Priok 16
Pemohon pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Tanjung Priok mendapatkan souvenir
 
2016 10 17 Gerakan Empati Paspor Priok 03 Gerakan_Empati_Paspor_Priok-17
 
 
 

Print   Email