Giat Bina Mental Bangun Rasa Percaya Diri Dengan Sifat Disiplin

113.9

Jakarta, Senin (13/09/21). Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta melaksanakan kegiatan bina mental dan etos kerja kepada pegawai dilingkungan DKI Jakarta secara virtual melalui zoom meeting yang meliputi Pegawai Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara, Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara dan Rumah Sakit Pengayoman. Dalam pelaksanaan kegiatan kali ini merupakan angkatan IV Kelas A pertemuan ke VII yang berjumlah 40 peserta. Pengajar pada kegiatan kali ini berasal dari Pusat Pendidikan Kesehatan (PUSDIKKES) TNI-AD kapten CKM Faturrahman.

213.9 313.9

 

Selanjutnya Faturrahman menjelaskan arti disiplin kepada peserta bina mental, disiplin berasal dari bahasa latin yaitu discare yang berarti belajar. Disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peraturan (Hukum) atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian yang berarti pengajaran dan pelatihan, disiplin dapat membentuk karakter dan harus ditanamkan dari kecil sebagai wujud untuk tertib dan menghargai waktu yang telah diberikan. Menurut para ahli Roy L.Smith disiplin adalah api murni yang membakar bakat menjadi kemampuan. disiplin terbagi menjadi tiga, diantaranya terdiri dari disiplin pribadi "Adanya sesuatu yang harus ditaati atau ditinggalkan dan adanya proses sikap seseorang terhadap hal tersebut" disiplin waktu "Hindari kebiasaan menunda bila kewajiban itu memang penting, ”lakukan sesegera mungkin dan alokasikan waktu anda untuk menyelesaikannya" dan disiplin dalam beribadah. Tujuan disiplin adalah mentaati peraturan yang disepakati dan bertindak baik dan benar serta mempunyai produktivitas yg tinggi sesuai harapan. Beliau juga menjelaskan tentang manfaat disiplin diantaranya dapat menumbuhkan kepekaan artinya terbiasa menjadi pribadi yang peka/berperasaan halus dan percaya pada orang lain, menumbuhkan kepedulian artinya peduli pada kebutuhan dan kepentingan orang lain, mengajarkan keteraturan artinya mempunyai pola hidup yang teratur dan mampu mengolah waktu dengan baik.

413.9

Disiplin juga sebagai proses latihan pada pegawai agar para pegawai dapat mengembangkan kontrol diri dan agar dapat menjadi lebih efektif dalam bekerja. Dengan demikian tindakan pendisiplinan mempunyai sasaran yang positif, mendidik dan mengoreksi serta bukan tindakan negatif yang menjatuhkan pegawai atau bawahan yang indisipliner. Dengan maksud tindakan pendisiplinan untuk memperbaiki efektifitas dalam tugas dan pergaulan sehari-hari di masa yang akan datang dan bukan menghukum kegiatan masa lalu, kegiatan kali ini ditutup dengan sesi tanya jawab.

Narasi : Mugabe


Print   Email