Kadivmin Berikan Arahan Bina Mental “Miliki Jiwa Kemanusiaan Yang Tinggi”

18.8

Jakarta, Selasa (03/08/21). Bina mental dan etos kerja pegawai di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, terhubung dengan peserta di satuan kerja pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta melalui teleconference. Yang bertindak sebagai pengajar adalah Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta (Sorta Delima L Tobing) dan JFT PK Madya (Ayu Pataprilia).

38.8 28.8


Para peserta yang tergabung dalam Angkatan IV Kelas B yang berasal dari Rutan, Lapas, LPKA dan Rumah Sakit Pengayoman DKI Jakarta yang berjumlah 40 peserta. Dalam kegiatan ini Kepala Divisi Administrasi menyampaikan materi tentang Manusia adalah Makhluk Ciptaan Tuhan Yang Sempurna dan Potensial. Sorta menyampaikan bahwa manusia diciptakan di dunia mempunyai arti dan tujuan. Manusia adalah insan yang diciptakan berarti bukan pemilik dan penguasa dunia melainkan terbatas kewenangan dan kekuasaannya di dunia sehingga tidak boleh sewenang-sewenang atau hidup semaunya sendiri karena harus tunduk dan taat dengan kemauan, kehendak, dan kekuasaan Tuhan sang pencipta agar bermanfaat bagi sesamanya dalam memperoleh amal dan ibadah kepada sang pencipta. Beliau mengingatkan para peserta bina mental dan etos kerja agar bisa memberikan suatu yang bermanfaat bagi institusi tempat kerja kita. Sebagai manusia kita dibekali akal dan pikiran serta hati nurani untuk mampu membedakan mana yang baik atau jahat, sedangkan hewan hanya dibekali hawa nafsu. Karena manusia adalah makhluk sempurna untuk melakukan pekerjaan, berkeluarga dan beribadah. Dalam kegiatan Kumham Berbagi, dimasa pandemi covid-19 hati nurani kita sudah terbentuk untuk menyumbangkan sebagian pendapatan kita dalam kegiatan tersebut dan dilanjutkan sesi tanya jawab.

48.8

Materi selanjutnya diisi oleh JFT PK Madya Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta (Ayu Pataprilia). Materi yang disampaikannya tentang manusia diciptakan dan manusia seutuhnya, manusia seutuhnya adalah manusia yang sempurna/ Insan kamil manusia yang sempurna adalah manusia yang memiliki jasmani yang sehat, kuat dan memiliki kekuatan iman yang tinggi. Hakekat manusia sebagai makhluk individu yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang dalam hidupnya tutur beliau.

Naskah : Mugabe


Print   Email