Kepala Kantor Wilayah DKI Jakarta Pimpin Rapat Koordinasi Persiapan Penerimaan Tahanan

2020 06 19 Rapat Koordinasi Persiapan Penerimaan Tahanan 2Jakarta - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta memimpin rapat persiapan penerimaan tahanan dari Pengadilan dalam tata hidup baru New Normal dengan memperhatikan protokol kesehatan pada Hari Jum’at (19/06). Turut hadir pada kegiatan rapat tersebut yaitu Kepala Divisi Pemasyarakatan (Edi Kurniadi), Kepala Divisi Administrasi (Ceno Hersusetiokartiko), Pejabat Struktural Divisi Pemasyarakatan, Kepala Bagian Umum serta Kepala Bagian Program dan Humas. Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang memperhatikan permintaan pihak kepolisian dan kejaksaan untuk memindahkan tahanan ke Lapas/Rutan dikarenakan terbatasnya ruang tahanan di Polda maupun Polres.

Dalam arahannya, Liberti Sitinjak menyampaikan bahwa perlu dilakukan persiapan penyemprotan disinfektan terhadap kamar-kamar yang akan digunakan tahanan dari pengadilan, dan tentunya tetap memperhatikan physical distancing. Beliau juga menekankan kepada satuan kerja agar menghormati profesi dokter untuk mengikuti arahan yang telah disusun sesuai protokol kesehatan. Bila perlu menempatkan tim medis di rutan.

Adapun tahanan yang akan diserahkan oleh pihak pengadilan juga perlu dilakukan pemeriksaan serta mengganti seluruh pakaian yang dipakai oleh tahanan dengan mengganti yang baru dan dipastikan harus benar-benar terbebas dari Covid-19. Sedangkan terhadap tahanan yang sudah putus, belum eksekusi dan belum banding agar segera dipindahkan ke lapas dengan memperhatikan rasio kapasitas blok maupun kamar isolasi yang dimiliki oleh Lapas dan Rutan.

2020 06 19 Rapat Koordinasi Persiapan Penerimaan Tahanan 1


Print   Email