Peningkatan Kapasitas Pegawai (Capacity Building) terkait Kebijakan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN)

 

Kontributor : Tupiet Irauna Yas, S.H.

 

Rabu (22/10) pukul 09.00 WIB Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pegawai (Capacity Building) terkait Kebijakan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap 2 (dua) minggu sekali. Kegiatan kali ini merupakan kegiatan yang kedua, dimana sebelumnya telah dilaksanakan Capacity Building terkait kebijakan Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM RI.

2014-10-22 Capacity Building BPHN 2

 

 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dan dihadiri oleh Kepala Balai Harta Peninggalan Jakarta beserta jajarannya, pejabat struktural dan para pegawai Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Pada kesempatan ini materi yang sedianya dibawakan oleh Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) DR. Enny Nurbaningsih, S.H., M.Hum diwakilkan oleh Kepala Pusat Penyuluhan BPHN, Audi Murfi, S.H.,M.H dan Kepala Bidang Pemberdayaan Hukum BPHN, Jawardi, S.H.,M.H.

Materi yang disampaikan mengenai Transisi Program Bantuan Hukum pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dan masalah kebijakan BPHN dimana dijelaskan bahwa BPHN menangani masalah Bantuan Hukum maupun Pusat Penyuluhan Hukum. Dalam kegiatan ini juga dibahas mengenai bagaimana kriteria Desa Sadar Hukum yang ada dan apresiasi masyarakat terhadap kegiatan lomba sadar hukum yang dilaksanakan oleh Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta serta membahas wacana adanya Jabatan Fungsional Penyuluh Hukum yang mana Perpresnya sedang dalam tahan pengajuan. Jabatan Fungsional Penyuluh Hukum ini dirasakan memiliki banyak peminat karena dalam perolehan angka kreditnya tidak terlalu sulit seperti Fungsional Peneliti dan BPHN akan menjadi Pembina Jabatan Fungsional Penyuluh Hukum. Yang mana nantinya akan memberikan nilai kredit bagi Pejabat Fungsional Penyuluh Hukum.

2014-10-22 Capacity Building BPHN 1

 

Dengan adanya kegiatan capacity building ini kiranya dapat menambah wawasan kita mengenai bagaimana keterkaitan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta dengan BPHN dan dapat membangun kerjasama yang baik untuk kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2015.


Print   Email