Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-86, Kanwil DKI Jakarta Laksanakan Upacara

2014-10-28 Sumpah Pemuda 1
Jakarta_info – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta Dr. Mardjoeki, Bc.IP., M.Si. menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-86, Selasa (28/10/2014) pagi. Dalam sambutannya, Mardjoeki membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Pemaknaan sumpah pemuda bukan sekedar memperingati peristiwa 86 tahun yang lalu. Peringatan sumpah pemuda hendaknya menjadi pemicu anak muda mengembangkan sisi kreatif dan keinginan terus belajar pada seni dan kebudayaan bangsa. “Jika pemuda solid maka bangsa kita akan semakin maju dan bersatu, sehingga pembangunan dapat kita laksanakan secara berkelanjutan,” kata Mardjoeki, saat memberikan sambutan dalam upacara yang berlangsung di Lapangan Upacara Kanwil, M.T. Haryono, Jakarta Timur tersebut.

Peringatan Sumpah Pemuda ke-86 tahun ini mengangkat tema “ Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan”. Tema tersebut mengandung pesan bahwa para pemuda diharapkan dapat memainkan perannya secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa dalam pembangunan nasional.

Menurut Mardjoeki, mentalitas para pemuda Indonesia harus terus dibangun agar menjadi pemuda-pemuda yang unggul, berkompeten, dan berdaya saing, untuk dapat berkompetisi dalam persaingan global yang semakin kompetitif. Terlebih lagi, Indonesia akan memasuki era Komunitas ASEAN pada 2015 mendatang. Karenanya, para pemuda harus mempersiapkan diri agar mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Menutup amanatnya Inspektur Upacara mengucapkan “Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-86.” Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan. Semoga Allah SWT-Tuhan YME, senantiasa melimpahkan rahmat dan ridhoNYA.

Demikian upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-86 di halaman Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta telah selesai dilaksanakan dengan tertib, aman dan lancar. (Humas_DKI/ Angga)

2014-10-28 Sumpah Pemuda 22014-10-28 Sumpah Pemuda 32014-10-28 Sumpah Pemuda 4


Print   Email