Peserta Bina Mental dan Etos Kerja "Tidak ada kata terlambat untuk mendisiplinkan diri sendiri"

523

Jakarta.kemenkumham.go.id-Jum’at,(23/07/21). Di tengah-tengah pelaksanaan PPKM, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta tetap menyelenggarakan kegiatan Bina Mental dan Etos Kerja Pegawai yang dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom. Pengajar pada kegiatan kali ini berasal dari Pusat Pendidikan Kesehatan (PUSDIKKES) TNI-AD Lettu CKM Tri Winarno.

123 223

 

Dalam paparannya pemateri menerangkan bahwa disiplin berawal dari diri sendiri, itu sangatlah wajib. Disiplin berasal dari bahasa latin Discere. Kebanyakan orang-orang pada umumnya hanya mampu mendisiplinkan dirinya sendiri, tapi ada juga minoritas mampu mendisiplinkan diri sendiri dan orang lain dan juga hanya mampu mendisiplinkan orang lain saja. "Disiplin merupakan penunjang kesuksesan seseorang dan menjadikan diri untuk disiplin sangatlah sulit bagi siapapun yang sudah biasa tidak mendisiplinkan diri". ujar Tri. Tujuan disiplin agar kita dapat mentaati aturan yang telah disepakati agar dapat bertindak dengan baik dan benar dan juga mempunyai produktifitas yang tinggi sesuai dengan harapan.

323

Menurut Pratt Fairshild dari sisi sosiologi disiplin terdiri dari dua bagian, yaitu disiplin dari dalam diri dan juga disiplin sosial, seseorang yang mempunyai sikap disiplin merupakan orang-orang yang dapat mengarahkan perilaku dan perbuatannya berdasarkan patokan atau batasan tingkah laku yang diterima dalam kelompok atau lingkup sosial.

423

Pada kegiatan Bina Mental kali ini adalah Angkatan Ke- III kelas E pertemuan ke-7 berjumlah 40 Pegawai terdiri dari Petugas Jaga di Lapas, Rutan dan RSU Pengayoman Cipinang di DKI Jakarta. Menutup kegiatan hari ini dengan sesi tanya jawab.

Naskah : Mugabe


Print   Email