Peserta Giat Bina Mental Tingkatkan Sadar dan Taat Hukum Yang Adaptif

BINAMENTAL1

Jakarta, Kamis (09/09/21). Bina Mental dan Etos Kerja Pegawai di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, terhubung dengan peserta di satuan kerja pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di Lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta melalui teleconference. Yang bertindak sebagai pengajar adalah Penyuluh Hukum Madya (Elvianna Lubis) dan Analis Keimigrasian Pertama (Wedi Ahmad). Para peserta yang tergabung dalam Angkatan IV Kelas D yang berasal dari Rutan, Lapas, LPKA dan Rumah Sakit Pengayoman DKI Jakarta yang berjumlah 40 peserta.

BINAMENTAL2 BINAMENTAL3

Dalam kegiatan kali ini Elvianna Lubis menyampaikan materi tentang Aparatur Sipil Negara taat dan sadar hukum. Dalam paparannya beliau menjelaskan pengertian norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat dipakai sebagai panduan, tatanan dan tingkat perilaku yang sesuai aturan atau kaidah yang dipakai sebagai tolak ukur penilaian atau perbandingan. Norma terdiri dari 2 unsur yaitu ada perintah yang menjadi keharusan seseorang untuk berbuat karena berakibat baik. Ada juga larangan yang menjadi keharusan seseorang untuk tidak berbuat sesuatu karena berakibat tidak baik. Ciri norma hukum yakni terdapat penegak hukum dan sanksi yang bersifat memaksa untuk menyadarkan dan menertibkan. Petugas pemasyarakatan adalah sebagai ASN yang melaksanakan fungsi sebagai aparatur sipil negara yang harus mengerti tugas dan kewajiban sebagai petugas pemasyarakatan agar dapat mematuhi peraturan-peratuaran dan norma hukum yang berlaku.

BINAMENTAL4 BINAMENTAL5

Materi selanjutnya di isi oleh Wedi Ahmad beliau menyampaikan materi tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang Adaptif. Definisi adaptif adalah kematangan diri dan sosial seseorang dalam melakukan kegiatan umum sehari-hari sesuai dengan usia dan berkaitan dengan budaya kelompoknya, beliau juga mengingatkan ASN harus meningkatkan kemampuan adaptasi dengan berbagai kondisi termasuk pandemi dan salah satunya dengan pengembangan inovasi berbasis informasi teknologi. Kemudian Wedi juga mengingatkan kepada peserta bina mental untuk ingat pesan Inspektur Jenderal Razilu tentang 7 Karakter Pribadi Agung untuk mewujudkan keagungan organisasi antaranya bekerja dan berkarya dalam rangka pengabdian kepada Allah SWT dan Rakyat.

Narasi...Sholeh

Print