PRESS CONFERENCE LAUNCHING EARLY MORNING PASSPORT SERVICE & DELIVERY PASSPORT SERVICE

2016 05 31 press conference

Jakarta-info (31/05) Dinamika kehidupan di DKI Jakarta yang sangat dinamis, menuntut seluruh masyarakat yang bermukim di Jakarta dan sekitarnya untuk memanfaatkan waktu seefektif dan sefisien mungkin. Kantor Imigrasi se-DKI Jakarta berupaya meningkatkan kualitas pelayanan paspor yang mencerminkan asas pelayanan publik.

Kantor imigrasi se-DKI Jakarta memberikan kepastian dalam melayani pemohon yang datang ke kantor Imigrasi sebelum jam pelayanan dimulai dengan inovasi “Early Morning Service” jaminan kepastian waktu layanan, hal ini merupakan salah satu bagian dari upaya menjalankan program “Nawa Cita”, dengan menghadirkan pemerintah ditengah masyarakat. Jaminan kepastian waktu pelayanan merupakan salah satu fungsi keimigrasian dalam melayani masyarakat yang diatur dalam undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian.

Untuk mengakomodir keinginan masyarakat yang mengharapkan layanan paspor yang efektif dan efisien maka Kantor Imigrasi se-DKI Jakarta menyatakan siap melayani dengan Layanan Pagi Hari. Early Morning Passport Service telah dilaksanakan seluruh Kantor Imigrasi se-DKI Jakarta secara serentak mulai tanggal 31 Mei 2016. Layanan early morning service ini dimulai dari jam 06.00 wib setiap hari selasa dan Jum’at. Kita lihat apabila antusias masyarakat besar maka kita akan fikirkan untuk ditingkatkan menjadi satu minggu 3 kali atau setiap hari.

2016 05 31 press conference4 2016 05 31 press conference5

 

Pada kesempatan ini rekan-rekan media sempat menanyakan adakah kendala ketika melaksanakan inovasi yang baru ini, Cucu Koswala, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat yang akrab disapa Abdurahman mengatakan "kami tidak menemui kendala sama sekali, justru dengan inovasi ini dapat mengurangi kepadatan permohonan di jam kerja pada umumnya".  

Inovasi lainnya yang diwujudkan Kantor Imigrasi se-DKI jakarta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan memberikan Kepastian kemudahan pengambilan paspor yang telah selesai “Delivery Passport Service”. Kantor Imigrasi telah melakukan kerjasama dengan PT.POS Indonesia untuk memberikan kemudahan pengambilan paspor dengan layanan antar ke rumah. Biaya yang ditimbulkan dalam pengiriman paspor antar ke rumah disesuaikan dengan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) masing-masing Kantor Imigrasi.

2016 05 31 press conference3 2016 05 31 press conference2

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta bersama seluruh Kepala Kantor Imigrasi se-DKI Jakarta mensosialisasikan inovasi yang sudah dilaksanakan secara serentak melalui media press conference yang dilaksanakan di halaman Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Pukul 16.30 Wib. (Teks : Daniel & Foto : Angga)


Print   Email