MENTERI HUKUM DAN HAM LAUNCING PRODUK “JEERA” DI RUTAN CIPINANG

Safari Ramadhan Rutan Klas I Cipinang 2

Jakarta_info UPT, Kamis (23/06) Kali ini Rumah Tahanan Negara Kelas I Cipinang mendapatkan giliran kedatangan Menteri Hukum dan HAM RI dalam Safari Ramadhan tahun 2016. Momen Kedatangan Menteri Hukum dan HAM, Yassona H Laoly tidak disia-siakan oleh Rutan Cipinang yang bekerja sama dengan KNPI, untuk melauncing produk “JEERA” hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 

Dalam laporan kegiatan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI DKI Jakarta, Endang Sudirman mengatakan produk “JEERA” dari Rutan Klas I Cipinang adalah satu dari dari sekian banyak kegiatan yang diusung Lapas/Rutan untuk membuat dan melahirkan SDM yang bermutu dan berkualitas baik didalam dan diluar Lapas/Rutan, sekaligus pemberi sumber dana bagi WBP didalam menjalani pidananya ataupun memberikan keterampilan saat diluar selesai menjalani pidananya.

Membangun kerjasama antar pihak pemasyarakatan dan perusahaan-perusahaan adalah salah satu trobosan yang baik untuk mendukung segala kelancaran pembinaan Lapas/Rutan dan gerakan semangat untuk para Warga binaan. Diharapkan Menteri Hukum dan HAM dapat mendukung perkembangan Lapas/Rutan produksi dan industri untuk dana pemasukan, bukan untuk pemasukan Lapas/Rutan tetapi lebih kepada pembinaan bagi Warga binaan pemasyarakatan.

Safari Ramadhan Rutan Klas I Cipinang 9

Penandatanganan NOTA kesepakatan antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI DKI Jakarta dengan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia).

Safari Ramadhan Rutan Klas I Cipinang 10

Kepala Rutan Klas I Cipinang, Asep Sutandar mengatakan “membangun pemasyarakatan menjadi industri Lapas/Rutan yang moderen, profesional dan berorientasi profit kini bukanlah angan-angan semata. Pemasyarakatan tak bisa lagi dianggap sebagai gudangnya masalah, namun menjadi kesempatan kedua “second chances” sekaligus sebagai tempat pembinaan yang potensial bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk berkreasi dan menelurkan produk yang tidak hanya bisa dinikmati masyarakat, namun juga menjadi karya yang inspiratif.

Safari Ramadhan Rutan Klas I Cipinang 3Geliat pemasyarakatan produktif yang dicanangkan menteri hukum dan HAM semakin mendorong pemasyarakatan sebagai pencetak SDM yang handal serta lokasi industri yang produktif. Rutan klas I cipinang dengan jumlah WBP sebanyak 3.470 merupakan potensi sumber daya yang besar, untuk itu warga binaan rutan disiapkan sebagai wadah dan kader pelatihan sehingga lebih profesional dalam mengembangkan industri ketika berada di dalam lapas/rutan. Dengan menggandeng PT. Artha Putra Arjuna dan Komite Nasional Pemuda Indonesia DKI Jakarta untuk meningkatkan kapasitas kerajinan kulit yang dimiliki Rutan menjadi industri kulit, kerja sama tersebut mencakup pendampingan, penerapan manejemen produk dan quality control, mengaplikasikan design dan IT baik dalam proses produksi sampai pemasaran.

Safari Ramadhan Rutan Klas I Cipinang 11Safari ramadhan kali ini Menteri Hukum dan HAM disuguhkan dengan Fashion Show koleksi tas kulit “JEERA” – Second Chances karya warga binaan Rutan Klas I Cipinang dan didukung oleh para model dari RA Agency dengan koleksi busana dari Relawan “JEERA” Nayya Saleh, Ratih Atikah dan Yonnita Safira. Kegiatan yang dilanjutkan dengan Lelang produk “JEERA – Second Chances” dengan 10 koleksi Tas JEERA, yang bertujuan untuk apresiasi kerja keras warga binaan atas produksi tasnya juga menggalang dana untuk melaksanakan seri pelatihan dan menajemen bagi warga binaan.

“Acara ini mendapatkan dua manfaat "menunaikan ibadah puasa sekaligus memenuhi kewajiban negara" ucap Menteri Hukum dan HAM,Yasonna H Laoly.

"Kehadiran saya sekarang disini sebagai bentuk dorongan kepada para warga binaan untuk tetap berkarya didalam menjalani masa pidananya dengan segala keterbatasan yang ada, kita harus memberikan kesempatan kedua seperti apa yang diusung oleh produk “JEERA - Second Chances” tambah Menteri Hukum dan HAM. (kontributor : Rutan Cipinang).

Safari Ramadhan Rutan Klas I Cipinang 12

 Press conference usai kegiatan safari ramadhan Menteri Hukum dan HAM Tahun 2016 bersama rekan-rekan dari Komite Nasional Pemuda Indonesia.


Print   Email