Sekretaris Jenderal Buka Kegiatan Optimalisasi SP4N-LAPOR! dan SIPPN Secara Virtual

2020 07 27 Teleconference LAPOR dan SIPPN 2

Jakarta – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta menghadiri dan mengikuti kegiatan teleconference dari Biro Humas, Hukum dan Kerjasama dengan agenda optimalisasi SP4N-LAPOR! dan Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) sebagai upaya peningkatan pelayanan publik. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal, Bambang Rantam Sariwanto, pada Senin (27/07) tersebut diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Divisi Administrasi serta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh Indonesia melalui aplikasi Zoom Meeting. Adapun di Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, kegiatan diikuti oleh Kepala Divisi Administrasi (Ceno Hersusetiokartiko), Kepala Bagian Program dan Humas (Sardi), serta Kepala Subbagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi (Moro Arisnu).

Kegiatan diawali dengan laporan pelaksanaan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama (Pagar Butar Butar) dengan memaparkan tujuan kegiatan antara lain yaitu memperkuat komitmen untuk mendukung Pemerintah khususnya di bidang pengaduan dan pemberian informasi serta membangun komunikasi antara pengelola LAPOR! dan SIPPN. Jumlah laporan masyarakat melalui aplikasi LAPOR! semakin bertambah dan ada peningkatan dari tahun 2018 ke tahun 2019. Hal ini menggambarkan bahwa masyarakat semakin “melek” untuk melakukan pengawasan kepada Pemerintah.

Bambang Rantam Sariwanto memberikan arahan sebelum membuka kegiatan tersebut dengan penyampaian apresiasi yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) terkait dengan pengaduan masyarakat yang dikelola oleh Kemenkumham. Beliau mengharapkan pengelolaan pengaduan pada Kemenkumham dapat dikelola dengan baik sehingga dapat meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Narasumber utama dihadirkan langsung dari Kemenpan-RB yaitu Deputi Bidang Pelayanan Publik (Prof. Dr. Diah Natalisa) yang menyampaikan paparan dengan judul arah kebijakan dan pengembangan SP4N-LAPOR! dan SIPPN. Beliau mengharapkan komitmen dari seluruh Kepala Kantor Wilayah dalam menindaklanjuti aplikasi LAPOR! dan mengisi informasi pelayanan publik. Beliau juga berharap admin pengelolaan lapor dan SIPPN untuk selalu mengikuti perkembangan dan arah kebijakan.

2020 07 27 Teleconference LAPOR dan SIPPN 1 2020 07 27 Teleconference LAPOR dan SIPPN 3

 


Print   Email