Siap WBBM, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta lakukan Desk Evaluasi dengan Tim Penilai Internal

Desk Evaluasi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta 1

 

Jakarta.kemenkumham.go.id – Tim Kelompok Kerja Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta hari ini Senin (31/05) melaksanakan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas oleh Tim Penilai Internal Kemenkumham yaitu Tim dari Inspektorat Jenderal yang dipimpin oleh pengendali teknis, Magdalena Saragih. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Wilayah ini bertujuan untuk menilai komitmen Pimpinan dan seluruh pegawai serta menilai kematangan Satuan Kerja dalam Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.

Tim Penilai Internal (TPI) mengawali kegiatan dengan memperkenalkan Tim yang terdiri dari Pengendali Teknis, Ketua Tim serta didampingi oleh 4 orang anggotanya. Selanjutnya TPI menjelaskan bagaimana mekanisme jalannya desk evaluasi hari ini dan mempersilahkan Kepala Kantor Wilayah, Ibnu Chuldun untuk memperkenalkan Tim Pokja Pembangunan Zona Integritas Kantor Wilayah dilanjutkan dengan Paparan. Kakanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun memulai kegiatan dengan menyampaikan Pantun Selamat Datang kepada TPI dilanjutkan dengan memperkenalkan Tim Pokja, pengenalan Maskot Semut , pemutaran Video Jingle WBBM, pemutaran Video Company Profile Kantor Wilayah dan pengenalan terhadap petugas Duta Layanan yang siap sedia melayani masyarakat yang hadir langsung pada Pusat Layanan Terpadu Hukum dan HAM (Law and Human Rights Center) Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta.

 

Desk Evaluasi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta 2 Desk Evaluasi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta 3
Desk Evaluasi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta 4 Desk Evaluasi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta 5

 

Kurang lebih 30 menit Kakanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun memaparkan bagaimana proses pembangunan Zona Integritas di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Tak kurang dari 40 halaman slide beliau jelaskan bagaimana business process Reformasi Birokrasi yang dibangun di Kantor Wilayah DKI Jakarta dari awal Tahun 2021 hingga saat ini. Dimulai dari Revitalisasi fungsi Kantor Wilayah sebagai Law and Human Rights Center, kedudukan Kantor Wilayah, Rancangan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBBM Tahun 2021, Pembinaan dan Penguatan Pembangunan Zona Integritas pada Satuan Kerja hingga mengenalkan 4 (empat) prinsip program peningkatan kualitas pelayanan publik yaitu sumber daya unggul, adanya pusat layanan terpadu (Pusyandu), Layanan Kite bersaudare dan optimalisasi penggunaan Teknologi Informasi.

Selain itu, beliau juga memaparkan program-program kegiatan yang dilaksanakan pada 6 (enam) Pokja  yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Dalam pemaparan kali ini, Kakanwil juga mengenalkan 5 Produk Unggulan dan Inovasi WBBM Tahun 2021 yaitu Pelayanan Hukum dan HAM Sabtu Minggu (Yandusagu) yang dilakukan di Lippo Mall Kemang Jakarta Selatan, Pelayanan Hukum dan HAM Terpadu Keliling (Peterling), Aplikasi HAI Penyuluh, Aplikasi E-MPDN dan yang terakhir adalah Inovasi kupas tuntas tentang Hukum dan HAM (KUPAT TAHU) yang disiarkan secara langsung di laman youtube.

Seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta tidak terlepas dari upaya untuk mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik terhadap masyarakat. Semoga Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta berhasil memperoleh predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Tahun 2021.

 

 

Desk Evaluasi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta 6

Print