Pembukaan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan Semester II Tahun Anggaran 2019 REKONSILIASI KEUANGAN

2020 01 27 REKON2Jakarta.kemenkumham.go.id - Selasa, 27 Januari 2020. Bertempat di Hotel Balairung Matraman Jakarta, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta menyelenggarakan Kegiatan Pembukaan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan Semester ll Tahun Anggaran 2019.

Kegiatan rekonsiliasi dan pemutakhiran data laporan keuangan Semester II Tahun Anggaran 2019 ini dilaksanakan dalam rangka menyusun dan membuat laporan keuangan tingkat wilayah yang merupakan gabungan atas laporan keuangan dari seluruh satuan kerja atau unit pelaksana teknis di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

Hal ini merupakan salah satu upaya konkrit untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban keuangan pemerintah yang tepat waktu, laporan keuangan merupakan wujud pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran yang dikelola oleh instansi pemerintah sebagaimana diamanatkan undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara yang harus disusun secara akurat, transparan, akuntabel dan tepat waktu berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). 

Standar Akuntansi Pemerintahan merupakan prinsip-prinsip akuntansi yang diterapkan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemerintah. Setiap entitas pelaporan baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah wajib menerapkannya sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan.

2020 01 27 REKON3Dalam arahannya kadivmin menyampaikan agar Tertib administrasi, setiap satuan kerja menyampaikan Laporan keuangan kepada unit Eselon I. Sebagai upaya meningkatkan kualitas laporan keuangan Semeter II Tahun 2019, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, melakukan resolusi dan pemutakhiran data laporan keungan dengan harapan dapat meningkatkan kulitas laporan keuangan dan mendeteksi dini hal-hal yang berpotensi menjadi kendala dalam penyusunan laporan keuangan dan selanjut ibu kadivmin berharap "Saya berharap semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, dan semoga kegiatan rekonsiliasi dan pemutakhiran data laporan keuangan ini akan dapat menyajikan laporan keuangan yang berkualitas, akurat, transparan dan akuntabel, Lebih jauh kita berharap opini Badan Pemeriksa Keuangan atas laporan keuangan kementerian hukum dan ham Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019 yaitu wajar tanpa pengecualian dapat kita capai" pungkasnya kadivmin sebelum menutup arahanya dalam kegiatan tersebut.

2020 01 27 REKON5Pemukulan Gong secara simbolis Kegiatan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan Semester II Tahun 2019 Resmi dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI JAKARTA yang didampingin oleh Kepala Bagian Umum (A Fauzi) setelah sebelumnya Laporan Pelaksana kegiatan disampaikan Kepala Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Negara ( Iswanti) menyampaikan laporannya.

Peserta berasal dari perwakilan rekan2 bagian Pengelolaan Keuangan dan BMN yang terdiri dari 24 orang berasal dari Kanwil dan 56 org berasal dari UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. 

hadir dalam kegiatan Para Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Imigrasi DKI Jakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari Dipa anggaran Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Dengan menghadirkan Narasumber yang berasal dari Biro Keuangan, Dirjen Pas, Dirjen Imigrasi dan BMN Kementerian Hukum dan HAM RI.2020 01 27 REKON1


Print